PERILAKU KONSUMTIF SANTRIWATIPONDOK PUTRI HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN (GENGGONG) (Studi Kasus di Desa Krangbong, Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur)

HIKMATUL HASANAH, NIM: 15540018 (2019) PERILAKU KONSUMTIF SANTRIWATIPONDOK PUTRI HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN (GENGGONG) (Studi Kasus di Desa Krangbong, Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU KONSUMTIF SANTRIWATIPONDOK PUTRI HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN (GENGGONG) (Studi Kasus di Desa Krangbong, Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur))
15540018_BAB I , V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU KONSUMTIF SANTRIWATIPONDOK PUTRI HAFSHAWATY PESANTREN ZAINUL HASAN (GENGGONG) (Studi Kasus di Desa Krangbong, Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur))
15540018_BAB II , III _ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Perilaku berkonsumsi tentu tidak dapat dipisahkan dengan peran agama sebagai tolok ukur terhadap kehidupan dunia yang cenderung mempengaruhi gaya hidup, perilaku, dan selera. Saat muncul sifat israf atau berlebihan, Allah memberi batasan kepada hambanya dalam berkonsumsi, sebagaimana Allah berfirman dam QS. Al-Isra‘ ayat 27 yang berbunyi ―Janganlah engkau menghambur-hamburkan harta. Sesungguhnya orang-orang yang memubazirkan hartanya adalah saudara setan. Al-Qur‘an dan Assunah menjadi sumber utama sekaligus pedoman yang mengatur kehidupan umat Islam di dunia, tapi tidak semuanya mencerminkan isi Al-Qur‘an dan As-sunnah, seperti halnya Perilaku Konsumtif Santriwati di Pondok Putri Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi dan wawancara. Sumber data primer yang ditetapkan sebagai informan di Pondok Putri Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong yang berjumlah sebelas orang terdiri dari tiga para santriwati pengurus dan delapan santriwati pelajar, baik santriwati mahasiswi maupun santri siswi Hafshawaty. Sumber data sekundernya antara lain buku, majaalah, skripsi, jurnal dan sebagainya yang terkait dengan perilaku konsumtif santri yang dikaji lebih mendalam melalui teori perilaku konsumtif Sumartono dan teori perilaku konsumen yang mengungkap faktor-faktor apa saja yang melatari perilaku konsumtif santriwati Pondok Putri Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan Genggong. Penelitian ini menghasilkan; pertama, jika terkait dengan hal-hal yang bersifat fungsi dari barang, para santri memilih untuk membeli barang atau produk dengan harga mahal asalkan kualitas produk tersebut menjamin. Kedua, santriwati Hafshawaty membeli produk dengan kemasan yang bagus. Hal ini disebabkan, bagus dan tidaknya kemasan menjadi indikator kualitas isi dan professional suatu perusahaan. Ketiga, santriwati Hafshawaty membeli produk tidak mendasarkan pada simbol tertentu. Dari tiga temuan di atas, santriwati Hafshawati belum bisa dikatakan konsumtif. Akan tetapi, potensi untuk mengarah ke konsumtif itu ada. Faktor dari dalam diri santriwati Hafshawaty berpotensi mengarahkan ke perilaku konsumtif . Hal ini terlihat dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang berasal dari dalam diri santri sendiri yang merasa jauh lebih baik dan lebih bahagia karena memperoleh apa yang mereka inginkan. Dampak yang muncul yaitu santriwati akan memilki perilaku konsumtif dan sifat boros dalam membeli barang belanja dan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Rr .Siti Kurnia Widiastuti S.Ag M.pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Santriwati, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Feb 2020 13:46
Last Modified: 05 Feb 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38012

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum