ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH)

MOCHAMAD TAUFIQ ILHAM, NIM: 12390083 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH))
12390083_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) (STUDI KASUS PADA BNI SYARIAH))
12390083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan sampai sekarang masih menjadi bahan perbincangan yang hangat, terutama di kalangan pengusaha dan para pemegang saham yang notabene memiliki kepentingan yang sangat besar terhadap isu ini. Teori utama yang paling sering digunakan untuk membahas permasalahan ini yaitu Teori Keagenan atau Agency Theory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan GCG terhadap kinerja keuangan BNI Syariah. Ada 3 variabel yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu rasio profitabilitas menggunakan ROA, rasio likuiditas dengan menggunakan FDR dan rasio solvabilitas dengan menggunakan CAR. Metode analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T Test untuk menganalisis hipotesis yang telah dituliskan. Adapun data yang digunakan adalah data sekunder yang merupakan laporan triwulan BNI Syariah dari tahun 2013-2016. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan GCG berpengaruh positif signifikan terhadap rasio likuiditas yang diukur menggunakan FDR. Hal ini mengindikasikan bahwa pihak manajemen BNI Syariah harus lebih memperhatikan aspek corporate governance-nya yang terbukti memberikan perubahan yang positif terhadap kinerja keuangannya. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, ROA, FDR, CAR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Akhmad Yusuf Khoiruddin S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, ROA, FDR, CAR.
Subjects: Keuangan Syariah
Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jul 2020 13:02
Last Modified: 07 Jul 2020 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38019

Actions (login required)

View Item View Item