FUNGSI BAHASA ISYARAT TERHADAP KEMUDAHAN AKSES INFORMASI BAGI SISWA TUNARUNGU DI PERPUSTAKAAN SLB N 1 BANTUL

Riski Purna Adi, NIM. 13140077 (2019) FUNGSI BAHASA ISYARAT TERHADAP KEMUDAHAN AKSES INFORMASI BAGI SISWA TUNARUNGU DI PERPUSTAKAAN SLB N 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FUNGSI BAHASA ISYARAT TERHADAP KEMUDAHAN AKSES INFORMASI BAGI SISWA TUNARUNGU DI PERPUSTAKAAN SLB N 1 BANTUL)
13140077_Cover_Halaman_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI BAHASA ISYARAT TERHADAP KEMUDAHAN AKSES INFORMASI BAGI SISWA TUNARUNGU DI PERPUSTAKAAN SLB N 1 BANTUL)
13140077_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fungsi Bahasa Terhadap Kemudahan Akses Informasi Bagi Siswa Tunarungu di Perpustakaan SLB N1 Bantul.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini yaitu obesrvasi,wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan dalam rentang waktu april sampai dengan mei 2019. Informan dalam penelitian ini berjumlah empat orang yaitu satu Pustakawan, dua guru, dan satu siswa Tunarungu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bahasa Isyarat kurang berfungsi dengan baik untuk pengaksesan informasi karena komunikasi lebih menunggunakan oral,visual dan tulisan. (2)Perkembangan Bahasa Isyarat dalam lingkup sekolah masih kurang.(3) Bahasa Isyarat belum menjadi solusi mutlak sebagai media komunikasi bagi siswa tunarungu. (4) kurangnya buku koleksi perpustakaan,komputer yang tidak berfungsi dan kurang dipahaminya komunikasi dari siswa tunarungu merupakan faktor penghambat dalam pengaksesan informasi dan komunikasi bagi siswa tunarungu terdapat beberapa solusi untuk menyelasikan masalah tersebut yaitu diadakan sosialisasi Bahasa Isyarat dengan cara sebagai berikut: (1) Tenaga pendidik perlu diajarkan Bahasa Isyarat sebagai pengoptimalan fungsi Bahasa Isyarat. (2) Penggunaan aktif Bahasa Isyarat baik dalam lingkup pembelajaran ataupun pergaul. (3) Pengenalan dan pembelajaran Bahasa Isyarat sejak dini pada siswa tunarungu sehingga mereka familiar dan terbiasa dengan Bahasa Isyarat. (4) Perbaikan sistem perpustakaan dengan pendataan digital,gerAkan literasi,penambahan koleksi buku,perbaikan komputer dan pengajaran Bahasa Isyarat oleh pustakawan merupakan solusi pengoptimalan Bahasa Isyarat ix sebagai akses informasi dan komunikasi siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Bantul. Kata kunci: Siswa Tunarungu, Bahasa Isyarat, kemudahan akses informasi, perpustakaan SLB N1 Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sri Rohyanti Zulaika, S.Ag.,SS.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Siswa Tunarungu, Bahasa Isyarat, kemudahan akses informasi, perpustakaan SLB N1 Bantul
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 09:59
Last Modified: 08 Jul 2020 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum