PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PEMBINAAN WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA

Aulia Rahmahyanti Utami, NIM. 15140013 (2019) PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PEMBINAAN WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PEMBINAAN WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA)
15140013_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PEMBINAAN WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA)
15140013_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memperoleh gambaran secara objektif serta mengetahui bagaimana peranan perpustakaan dalam membantu upaya rehabilitasi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Wirogunan Yogyakarta, dengan lebih rinci. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling dan snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkannya. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibiltas yaitu dengan peningkatan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa peranan perpustakaan yang terdapat di Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta yaitu peranan perpustakaan sebagai penyedia informasi, pusat rekreasi, peranan pendidikan seperti melaksanakan program pemberantasan buta huruf, program kejar paket A, B dan C maupun pendidikan mandiri, sarana komunikasi, dan juga sebagai pusat pengembangan minat baca. Peranan Perpustakaan yang terdapat di Perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta ini sangat membantu dalam program pembinaan yang diadakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta sendiri baik program pembinaan kepribadian maupun kemandirian. Hambatan atau kekurangan yaitu terdapat dalam hal koleksi perpustakaan. Di perpustakaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta ini masih banyak koleksi lama dan koleksi baru sangat sedikit, sehingga mempengaruhi minat kunjung warga binaan. Saran yang diberikan untuk pengembangan perpustakaan di Lapas Wirogunan ini yaitu sebaiknya menambah koleksi-koleksi baru agar warga binaan lebih semangat lagi berkunjung ke perpustakaan, ditambahkannya denda keterlambatan, pembuatan kartu anggota, ruangan perpustakaan di perbesar dan juga pemanfaatan yang maksimal oleh para pegawai lembaga pemasyarakatan. Kata kunci: peranan, perpustakaan lembaga pemasyarakatan (lapas), warga binaan, pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: peranan, perpustakaan lembaga pemasyarakatan (lapas), warga binaan, pembinaan.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 10:01
Last Modified: 08 Jul 2020 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38031

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum