PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) JEMBATAN EDUKASI SILUK IMOGIRI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK

Rurri Fatchuroh, NIM. 15140039 (2019) PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) JEMBATAN EDUKASI SILUK IMOGIRI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) JEMBATAN EDUKASI SILUK IMOGIRI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK)
15140039_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) JEMBATAN EDUKASI SILUK IMOGIRI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK)
15140039_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Taman Bacaan Jembatan Edukasi Siluk Imogiri dalam mengembangkan kreativitas anak dan mengetahui upaya pengelola dalam mengembangkan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari penanggung jawab taman bacaan, pengelola taman bacaan, relawan taman bacaan, dan wali siswa program kreativitas serta siswa program kreativitas. Objek penelitian adalah peranan Taman Bacaan Jembatan Edukasi Siluk Imogiri dalam upaya mengembangkan kreativitas anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan memberchek. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) peranan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jembatan Edukasi Siluk Imogiri dalam upaya mengembangkan kreativitas anak yaitu sebagai sarana belajar dan penyedia informasi, sebagai tempat pembinaan karakter, dan sebagai tempat hiburan edukatif. 2) upaya pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jembatan Edukasi Siluk Imogiri dalam upaya mengembangkan kreativitas anak yaitu dengan melaksanakan progam kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan didukung dengan sarana prasarana yang dimiliki TBM JES untuk mendukung setiap kegiatan yang terkait dengan keberhasilan disetiap kegiatan. Segingga dengan adanya TBM JES anak dapat terbantu dalam mengembangkan kreativitasnya. Kata kunci: peranan taman bacaan masyarakat, jembatan edukasi siluk, kreativitas anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Afiati Handayu Dyah Fitriani, S.Pd.,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: peranan taman bacaan masyarakat, jembatan edukasi siluk, kreativitas anak
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 11:21
Last Modified: 08 Jul 2020 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum