PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA KELAS KHUSUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA

Rochimah Ayuk Widyaningrum, NIM. 15140080 (2019) PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA KELAS KHUSUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA KELAS KHUSUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA)
15140080_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
15140080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebutuhan informasi terhadap perilaku pencarian informasi mahasiswa kelas khusus di Perpustakaan Universitas Janabadra Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan asosiatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan 73 sampel dari populasi sebanyak 264 pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling. Pengukuran data menggunakan skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Analisis data menggunakan Grand Mean dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai Grand Mean sebesar 2,72 yang berada dalam interval 2,51 < X ≤ 3,25 artinya kebutuhan informasi mahasiswa kelas khusus termasuk dalam kategori yang tinggi. Perilaku pencarian informasi mahasiswa kelas khusus menunjukkan nilai Grand Mean sebesar 3,14 yang berada dalam interval 2,51 < X ≤ 3,25 artinya termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya diketahui nilai square sebesar 20,4% artinya ada pengaruh positif kebutuhan informasi terhadap perilaku pencarian informasi mahasiswa kelas khusus di Perpustakaan Universitas Janabadra Yogyakarta. Sedangkan 79,6% perilaku pencarian informasi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Melalui penelitian ini perpustakaan Universitas Janabadra diharapkan bisa meningkatkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan informasi afektif, perpustakaan diharapkan bisa menyediakan informasi yang up to date dan diharapkan ada peneliti lain yang akan mengkaji variabel lain yang berpengaruh yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Kata kunci: kebutuhan informasi, perilaku pencarian informasi, mahasiswa kelas khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: kebutuhan informasi, perilaku pencarian informasi, mahasiswa kelas khusus.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 11:22
Last Modified: 08 Jul 2020 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum