NILAI-NILAI EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE-LIYE SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Downloads

Downloads per month over past year

ISROWIYATUL MAHMUDAH - NIM. 05410165, (2010) NILAI-NILAI EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE-LIYE SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (NILAI-NILAI EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE-LIYE SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424Kb)
[img] Text (NILAI-NILAI EQ (EMOTIONAL QUOTIENT) DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE-LIYE SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (274Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Nilai-Nilai EQ (Emotional Quotient) yang terdapat dalam Novel Bidadari- Bidadari Surga karya Tere-Liye serta bagaimana Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi kontribusi berarti bagi pengembangan Pendidikan Agama Islam Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui sumber literer (kepustakaan), dengan pendekatan pedagogi-psikologi. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan interview. Analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu analisis ilmiah tentang pesan suatu komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere-Liye terkandung nilai-nilai Emotional Quotient secara terinci seperti nilai-nilai EQ yang dipopulerkan oleh Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence . Nilai-nilai tersebut yaitu: a). Mengenali emosi diri, diantaranya: mengenali emosi diri, mendengarkan suara hati, dan memahami alam bawah sadar, b). Mengelola emosi, diantaranya: penguasaan diri, marah, mengatasi kecemasan, dan menangani kesedihan, c). Memotivasi diri sendiri, diantaranya: kecakapan utama, kendali dorongan hati, hati risau pikiran kacau, optimisme, dan flow, d). Mengenali emosi orang lain/empati, e). Membina hubungan, diantaranya: seni sosial, penunjukan emosi, keterampilan mengungkapkan ekspresi dan penularan emosi. 2). Kandungan isinya bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, baik dalam isi novel itu sendiri maupun dalam metode yang digunakan dalam proses pendidikan keluarga dan juga pendidikan dalam masyarakat. Kandungan novel yang penuh dengan muatan emosi, proses pembelajaran dan cara mensikapi hidup dalam keterbatasan bisa dijadikan referensi oleh para pendidik dalam mendidik siswa-siswanya. Memberikan penguatan mental sehingga lebih matang dalam proses pembelajaran baik secara formal maupun informal, baik di lingkungan sekolah, di rumah maupun secara langsung di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai EQ, Novel Bidadari- Bidadari Surga, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2012 13:47
Last Modified: 03 Sep 2012 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3807

Actions (login required)

View Item View Item