BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Bambang Tri Atmojo, NIM. 15220080 (2019) BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15220080_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15220080_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

BAMBANG TRI ATMOJO (152200080). Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah Boarding School Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,2019. Siswa merupakan pelaku utama dalam proses pembelajan formal di sekolah, efikasi diri/ sikap percaya terhadap kemampuan diri yang bagus tentu menjadi salah satu faktor pendukung dalam proses pertumbuhan siswa. Sikap percaya diri dan optimisme yang baik tentu akan menunjang keberhasilan siswa dalam proses belajar di sekolah sekaligus manjadi modal bagus untuk menjadi individu lebih baik kedepannya, sebaliknya jika siswa memiliki efiksi diri rendah tentu akan menjadi penghambat dalam proses kehidupannya kedepan baik di sekolah maupun di lingkungan luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah koordinator BK, Wali kelas, dan 4 siswa keals XII. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Pengumpulan data melalui Observasi, interview/ wawancara, dan dokumentasi, adapun untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah diperoleh kemudian disusun, diklsifikasikan, dan di simpulkan sehingga dapat menjawab rumusan masalah diatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta, yaitu tahap perencanaan mulai dari pembentukan team penyusunan SATLAN/RPL, kemudian tahap pengorganisasian berupa aspek fisik,non fisik, dan personalia, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan penilaian untuk mengevaluasi dan menilai layanan yang sudah dilaksanakan, serta tahap tindak lanjut untuk perbaikan oleh guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Efikasi Diri
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:18
Last Modified: 13 Jul 2020 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38081

Actions (login required)

View Item View Item