BIMBINGAN RELIGIOSITAS BAGI MUALLAF DI KOMPLEKS AL- SA’ADAH MAINS (MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN) MALAYSIA

Mr. Barokat Mamah, NIM. 15220096 (2019) BIMBINGAN RELIGIOSITAS BAGI MUALLAF DI KOMPLEKS AL- SA’ADAH MAINS (MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN) MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN RELIGIOSITAS BAGI MUALLAF DI KOMPLEKS AL- SA’ADAH MAINS (MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN) MALAYSIA)
15220096_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN RELIGIOSITAS BAGI MUALLAF DI KOMPLEKS AL- SA’ADAH MAINS (MAJLIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN) MALAYSIA)
15220096_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MR. BAROKAT MAMAH. (NIM. 15220096). Bimbingan Religiositas Bagi Muallaf Di Kompleks Al-Sa’adah MAINS (Majlis Agama Islam Negeri Sembilan) Malaysia. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orang muallaf atau orang baru masuk agama Islam belum memhami betul dalam pelajaran agama Islam. Bimbingan Religiositas merupakan salah satu ilmu dalam bimbingan dan konseling Islam untuk mengatasi pemahaman tentang keberagamaan pada diri seseorang yang telah menginternalisasikan agama itu sendiri ke dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang metode bimbingan religiositas yang diberikan kepada para pelajar muallaf di Kompleks Al-Sa’adah MAINS. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitianan ini adalah Ketua zon Kompleks Al- Sa’adah MAINS Ustaz Bukhari Bin Safian penolong pengurus kompleks Al- Sa’adah MAINS. Pensyarah atau guru di Kompleks Al-Sa’adah MAINS Ustaz Mohammad Nasrullah Bin Mohammad Nasir guru bahagian Hal Ehwal Dakwah dan Tarbiah. 3 orang pelajar Tahfiz yang tinggal di asrama bersama dengan pelajar muallaf di kompleks Al- Sa’adah MAINS. Dan sempel sudjek 4 orang pelajar muallaf yang sedang belajar di kompleks Al-Sa’adah MAINS. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah metode bimbingan Religiositas yang dipakai oleh pembimbing dan pengurus muallaf di Kompleks Al-Sa’adah MAINS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini untuk menemukan beberapa jumlah responden yang diambil, maka penulis menggunakna teknik purposive sampling yaitu pengambilan sample berdasarkan pertimbangan tertentu, misalnya orang tersebut adalah orang yang paling dianggap tahu tentang apa yang diharapkan oleh penulis. Dan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasi sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan religiositas dapat meningkatkan keberagamaan dengan keyakinannya untuk mengoptimalkan potensi dirinya terkait dengan ilmu pengetahuan agama, Ibadah serta akhlak pada seseorang pelajar muallaf di Kompleks Al-Sa’adah MAINS Malaysia dengan metode-metode yaitu: metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan dan metode pemberian perhatian. Kata Kunci: Bimbingan Religiositas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Religiositas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:18
Last Modified: 13 Jul 2020 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum