EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XII DI MAN 1 YOGYAKARTA

Shovia Syamsi Hadaria, NIM. 16220023 (0029) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XII DI MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XII DI MAN 1 YOGYAKARTA)
16220023_BAB I_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS XII DI MAN 1 YOGYAKARTA)
16220023_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Shovia Syamsi Hadaria (16220023), “Efektivitas Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Kelas XII MAN 1 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Masa Remaja merupakan masa transisi dari masa anak- anak ke masa dewasa yang memiliki pengaruh besar, termasuk di dalamnya kematangan karier. Salah satu yang mempengaruhi kematangan karier adalah pendidikan. Ketika anak memiliki cita-cita yang tinggi, maka anak akan menggunakan pendidikan sebagai batu loncatan untuk meraih cita-cita tersebut. Rendahnya kematangan karier siswa dapat dilihat dari fenomena anak yang bekeja di usia belajar maupun siswa yang bersekolah. Dalam rangka meningkatkan kematangan karier di sekolah diterbitkan Permendikbud No. 11 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Salah satu layanan bimbingan yang diterapkan di MAN 1 Yogyakarta dalam meningkatkan kematangan karier siswa adalah bimbingan klasikal. Pelaksanaan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kematangan karier siswa di MAN 1 Yogyakarta menggunakan metode ceramah dan menunjukkan hasil yang kurang maksimal, sehingga peneliti tertarik untuk menggunkan metode yang berbeda yaitu diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan klasikal dengan metode diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan kematangan karier siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini xii adalah kuantitatif sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kematangan karier siswa, analisis data menggunakan teknik eksperimen one group pretest posttest dari paired sample T test dengan bantuan program IBM SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat dilihat dan disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima, dibuktikan dengan adanya perbedaan antara ratarata hasil pretest 73,93 dengan rata-rata posttest 80,45 dan nilai paired T test sebesar 0,000 (p< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dengan metode diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan kematangan karier siswa kelas XII MAN 1 Yogyakarta. Kata Kunci: Bimbingan Klasikal, Kematangan Karier, Siswa MAN 1 Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Kematangan Karier, Siswa MAN 1 Yogyakarta
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:19
Last Modified: 13 Jul 2020 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38087

Actions (login required)

View Item View Item