KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SISWA

Arina Rijki Aulia, NIM. 16220106 (2019) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SISWA)
16220106_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI SISWA)
16220106_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ARINA RIJKI AULIA. (NIM. 16220106). Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Diri Siswa ( Studi Kasus pada Satu Siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta). Skripsi . Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki problem penyesuaian diri. Pendekatan REBT sendiri merupakan salahsatu pendekatan dalam bimbingan konseling untuk mengubah keyakinan irasional (tidak logis) menjadi keyakinan yang rasional (logis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap konseling REBT dalam mengatasi problem penyesuaian diri siswa di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, kemudian penelitian ini berfokus kepada tahap-tahap konseling REBT dalam mengatasi problem penyesuaian diri siswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru bimbingan dan konseling, wali kelas VII, 1 siswa yang memiliki problem dalam penyesuaian diri. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah tahap-tahap konseling REBT dalam mengatasi problem penyesuaian diri siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif di mana data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasi sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap konseling REBT dapat mengatasi problem penyesuaian diri satu siswa kelas VII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, yaitu: tahap I: tahap permulaan, meliputi: bekerjasama dengan konseli, melakukan asesmen terhadap masalah, orang dan situasi. Tahap II: Tahap peralihan dan tahap kerja, meliputi: mempersiapkan konseli untuk terapi, mengimplementasi program treatment. Tahap III: Tahap Akhir, meliputi: mengevaluasi kemajuan, menyiapkan konseli untuk mengakhiri konseling. Kata Kunci: Konseling REBT, Problem Penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Konseling REBT, Problem Penyesuaian diri.
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:20
Last Modified: 13 Jul 2020 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum