UPAYA GSM (GERAKAN SEDEKAH MINGGUAN) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI DUKUH GADING, GIRITIRTO PURWOSARI GUNUNGKIDUL, DI YOGYAKARTA

Ma’ruf Hidayat, NIM 15250078 (2019) UPAYA GSM (GERAKAN SEDEKAH MINGGUAN) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI DUKUH GADING, GIRITIRTO PURWOSARI GUNUNGKIDUL, DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GSM (GERAKAN SEDEKAH MINGGUAN) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI DUKUH GADING, GIRITIRTO PURWOSARI GUNUNGKIDUL, DI YOGYAKARTA)
15250078 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GSM (GERAKAN SEDEKAH MINGGUAN) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI DUKUH GADING, GIRITIRTO PURWOSARI GUNUNGKIDUL, DI YOGYAKARTA)
15250078 BAB II, III, .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

“Upaya GSM (Gerakan Sedekah Mingguan) Dalam Mensejahterakan Masyarakat Di Dukuh Gading Giritirto Purwosari Gunungkidul Yogyakarta” Untuk membantu menangani masalah kesejahteraan perlu adanya dorongan dari berbagai pihak masyarakat. Lembaga-lembaga sosial yang berlatar belakang agama tentu sangat dibutuhkan. Seperti Baznas, atau organisasi sosial keagamaan baik NU atau Muhammadiyah tentu sangat dibutuhkan untuk ikut andil kesejahteraan. Islam sudah mengajarkan dengan bersedakah atau shadaqah untuk membantu masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya yang dilakukan GSM (Gerakan Sedekah Mingguan) dalam mensejahterakan masyarakat di Dukuh Gading Giritirto Purwosari Gunungkidul Yogyakarta dan mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam GSM untuk mensejahterakan masyarakat di Dukuh Gading Giritirto Purwosari Gunungkidul Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian sesuai fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Gerakan Sedekah Mingguan (GSM) dalam Mensejahterakan Masyarakat di Dukuh Gading Giritirto Purwosari Gunungkidul Yogyakarta adalah sebagai berikut: Tahapan Rencana, yaitu sosialisasi kepada masyarakat, santri TPA, melalui Website dan media Online (instragram), Metode Fundraising, Mekanisme Penggalangan Dana terbagi dalam: pendataan, pencairan, teknis pengumpulan, dan hasil dana perolehan, GSM yang sudah dilaporkan. Bentuk distribusi pemanfaatan dari program GSM meliputi: program pendidikan, program kesehatan, program ekonomi dan program tanggap bencana. Hasil GSM, Angka Kematian berkurang dan angka harapan hidup meningkat, Tingkat Pendidikan Masyarakat meningkat, pekerjaan terbantu, Taraf dan Pola Konsumsi variatif, Fasilitas Rumah terfasilitasi dengan cukup baik. Sosial Budaya berkembang menjujung tinggi nilai gotong royong dan religius. Hambatan-Hambatan GSM adalah kurang tersosialisakin dengan baik mengenai kegiatan GSM dan tidak adanya regenerasi dari pengurus pusat dari GSM. Kata Kunci: Upaya GSM, Sedekah dan Kesejahteran Kepada Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya GSM, Sedekah dan Kesejahteran Kepada Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:19
Last Modified: 13 Jul 2020 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum