PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KB SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi pada Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul)

Fahmi Ardiansyah, NIM 15250101 (2019) PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KB SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi pada Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KB SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi pada Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul))
15250101_BAB-1_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUNG KB SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi pada Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul))
15250101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Satu Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Studi Pada Dusun Saman Desa Bangunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial , Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Dusun Saman diresmikan sebagai Kampung KB oleh BKKBN pada bulan November tahun 2017 karena merupakan dusun dengan jumlah warga miskin tertinggi dari 16 dusun yang berada dalam wilayah Desa Bangunharjo dan kesertaan masyarakat dalam ber-KB masih sangat rendah. Seiring dengan dilaksanakannya beberapa program sebagai Kampung KB terjadi peningkatan kesejahteraan keluarga. Hal ini menjadi ketertarikan peneliti untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Kampung KB dapat meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga di Dusun Saman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program kampung KB sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di Dusun Saman, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat program kampung KB di Dusun Saman dan mengetahui kondisi kesejahteraan keluarga sebelum dan setelah adanya Kampung KB. Penelitian ini menggunakan teori implementasi dari Charles O. Jones dimana ada tiga tahapan implementasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampung KB Dusun Saman dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dikarenakan telah melaksanakan tiga tahap implementasi program yakni 1) pengorganisasiannya sudah tertata dan kader menjalankan tugas sesuai di bidangnya masing-masing, 2) pelaksana mampu menginterpretasikan tugas sesuai dengan petunjuk teknis, 3) kader Kampung KB telah melaksanakan program dengan baik. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program Kampung KB yaitu dukungan penuh dari pemerintah desa, kader yang sudah terbiasa menjadi relawan, swadaya masyarakat tinggi, dan peluang bermitra banyak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu semangat yang situasional, belum optimalnya kerjasama dengan instansi terkait, alasan jam kerja, dan kurangnya SDM. Adapun kondisi kesejahteraan keluarga setelah dilaksanakannya program Kampung KB menunjukkan adanya peningkatan yang dapat dilihat dari meningkatnya keberfungsian sosial dan perekonomian masyarakat, meningkatnya kepesertaan KB, mengingkatnya kesehatan keluarga, meningkatnya kerukunan di masyarakat, meningkatnya edukasi tentang kehidupan keluarga, dan meningkatnya kesejahteraan spiritual. Kata Kunci: Pelaksanaan, Program Kampung KB, Peningkatan Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program Kampung KB, Peningkatan Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:20
Last Modified: 13 Jul 2020 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum