PENGARUH MENONTON FILM “THE PERFECT HUSBAND” TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Aini Nadhifah Zuhdi, NIM 14210012 (2019) PENGARUH MENONTON FILM “THE PERFECT HUSBAND” TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON FILM “THE PERFECT HUSBAND” TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
14210012_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON FILM “THE PERFECT HUSBAND” TERHADAP SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
14210012_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menonton film the perfect husband terhadap sikap birrul walidain siswi MA ali maksum Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen model one group pretets-posttest control design dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan kuesioner. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 siswi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling jenis purposive sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis statistic, yaitu menganalisis bentuk angka-angka dengan proses pengolahan data menggunakan bantuan computer, program aplikasi SPSS 16 for windows. Uji statistic yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t simple berpasangan (Paired Sampel T-test). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya terjadi perubahan setelah diberikannya perlakuan berua menonton film, perubahan sikap yang terjadi tidak hanya karena terpaan tontonan yang diberikan. Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Allport, sikap merupakan kesiapan mental, yaitu suatu proses yang berlangsung dalam diri seseorang, bersama dengan pengalaman individual masing-masing, mangarahkan dan menentukan respon terhadap berbagai objek dan situasi. Responden dalam penelitian ini memiliki peningkatan perubahan yang sangat baik. Selain pesan dari media yang tersampaikan, reponden juga memiliki sikap yang sudah terbentuk dari situasi terhadap objek yang dihadapinya. Jumlah selisih yang terhitung setelah dilakukannya pretest dan posttest yakni menunjukkan nilai rat-rata 74,774, dengan nilai rata-rata pretest yakni 119,71 dan nilai rata-rata posttest 194,48. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh menonton film “The Perfect Husband” terhadap sikap birrul walidain siswi MA Ali Maksum Yogakarta. Kata Kunci: Menonton Film, Sikap Birrul Walidain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa, S.Ag., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Menonton Film, Sikap Birrul Walidain
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:23
Last Modified: 13 Jul 2020 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum