PENGARUH MENONTON FILM KARTINI TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PEREMPUAN DAN PEMAHAMAN GENDER DI KALANGAN IBUIBU DUSUN SAMAN, DESA BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL

FITRI MULYANINGSIH, NIM: 15210002 (2019) PENGARUH MENONTON FILM KARTINI TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PEREMPUAN DAN PEMAHAMAN GENDER DI KALANGAN IBUIBU DUSUN SAMAN, DESA BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON FILM KARTINI TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PEREMPUAN DAN PEMAHAMAN GENDER DI KALANGAN IBUIBU DUSUN SAMAN, DESA BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL)
15210002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON FILM KARTINI TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PEREMPUAN DAN PEMAHAMAN GENDER DI KALANGAN IBUIBU DUSUN SAMAN, DESA BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL)
15210002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Perempuan dan gender merupakan salah satu permasalahan ketimpangan yang terjadi di Indonesia. Ketimpangan ini terjadi karena buruknya pemahaman akan gender dan juga terpaan media massa yang banyak bias akan keadilan gender. Film merupakan salah satu media massa yang memberikan banyak dampak kepada audience-nya. Bentuknya yang audio visual memudahkan audience untuk menyerap info yang diberikan. Kartini adalah salah satu tokoh emansipasi perempuan di Indonesia, kisah hidupnya kemudian diangkat ke dalam sebuah film. Film dan ajaran tentang emansipasi perempuan ini diharapkan mampu membawa perubahan terhadap wajah keadilan gender di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “apakah terdapat pengaruh Film Kartini terhadap pembentukan citra perempuan dan pemahaman gender di kalangan Ibu-ibu Dusun Saman Sewon, Bantul serta indikator manakah di antara variabel pembentukan citra perempuan dan pemahaman gender yang paling banyak mengalami perubahan akibat perlakuan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa penelitian eksperimen. Teori yang digunakan adalah teori Stimulus Organisme Respon (SOR), Citra Perempuan, Gender, dan Film. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti yaitu variabel pembentukan citra perempuan dan pemahaman gender. Peneliti juga mengambil latar belakang sosial responden seperti usia, pendikan formal, pendidikan agama, jenis pekerjaan, fleksibilitas peran gender serta intensitas menonton responden untuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara latar belakang sosial responden terhadap citra perempuan dan gender. Dari pengolahan data ditemukan bahwa terdapat perubahan akibat perlakuan berupa menonton film Kartini terhadap pembentukan citra perempuan dan pemahaman gender Ibu-Ibu Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Sewon, Bantul. Penelitian ini menggunakan tingkat probabilitas atau taraf signifikansi sebesar 0.05 atau 5% dan kemudian didapat nilai signifikansi yaitu pada variabel pembentukan citra perempuan sebesar sig. 0.03 dan variabel pemahaman gender sebesar sig. 0.000. Nilai tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan post test pada variabel pembentukan citra perempuan dan pemahaman gender. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian pada masing-masing variabel untuk indikator yang paling banyak mengalami perubahan adalah indikator persepsi (pembentukan citra perempuan) dan indikator status yang setara (pemahaman gender). Hal ini dibuktikan dengan skor yang paling banyak mengalami perubahan pada setiap indikator, yaitu untuk indikator persepsi terjadi kenaikan skor dari 80% menjadi 83% dan pada indikator status yang setara terdapat penambahan skor sebanyak 57 poin. Kata Kunci : Citra Perempuan, Gender, Film, Teori SOR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si, M.A, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Citra Perempuan, Gender, Film, Teori SOR
Subjects: Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:23
Last Modified: 13 Jul 2020 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38134

Actions (login required)

View Item View Item