ANALISIS ISI PESAN PERSUASIF PADA POSTINGAN FACEBOOK “AL MAWADDAH” TENTANG BISNIS EDUWISATA DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AL MAWADDAH KUDUS

Nike Nurjannah, NIM. 15210014 (2019) ANALISIS ISI PESAN PERSUASIF PADA POSTINGAN FACEBOOK “AL MAWADDAH” TENTANG BISNIS EDUWISATA DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AL MAWADDAH KUDUS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI PESAN PERSUASIF PADA POSTINGAN FACEBOOK “AL MAWADDAH” TENTANG BISNIS EDUWISATA DI PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR AL MAWADDAH KUDUS)
15210014_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text
15210014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Nike Nurjannah (15210014), Analisis Isi Pesan Persuasif Pada Postingan Facebook “Al Mawaddah” Tentang Bisnis Eduwisata Di Pondok Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus Periode Januari-April 2019 Pesan persuasif merupakan pesan yang dimaksudkan untuk mengubah pendapat, sikap, kepercayaan atau perilaku individu maupun organisasi. Bagi seorang komunikator, suatu pesan yang akan dikomunikasikan sudah jelas isinya, tetapi yang perlu dijadikan pemikiran ialah pengelolaan pesan (message management). Pesan harus ditata sesuai dengan diri komunikan yang akan dijadikan sasaran Penelitian ini berusaha menjawab bagaimana pesan persuasif pada postingan facebook Al Mawaddah tentang bisnis eduwisata di pondok pesntren entrepreneur Al Mawaddah Kudus periode Januari sampai April 2019. Terdapat 25 postingan facebook yang diteliti. Postingan yang diteliti tentang eduwisata mulai tanggal 1 Januari sampai 8 April 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif. Sedangkan teori yang digunakan adalah pesan persuasif yaitu syarat pesan persuasif menurut Crider dan elemen pesan persuasif menurut Kriyantono yang berupa struktur pesan dan daya tarik pesan persuasif. Setelah peneliti melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dalam menyampaikan pesan tentang bisnis eduwisata, facebook Al Mawaddah memenuhi dimensi syarat pesan persuasif dan daya tarik pesan. Meski begitu, pada dimensi struktur pesan persuasif facebook Al Mawaddah periode Januari sampai April 2019 mem-posting pesan yang cenderung satu sisi (one sided), climax vs anticlimax dan penyampaian pesan disampaikan secara tidak langsung atau khalayak yang menerima pesan perlu memberikan kesimpulannya sendiri (implisit). Kata Kunci: pesan persuasif, analisis isi kuantitatif, eduwisata Al Mawaddah Kudus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: pesan persuasif, analisis isi kuantitatif, eduwisata Al Mawaddah Kudus
Subjects: Bisnis Syari'ah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:24
Last Modified: 24 Sep 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum