PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MA'HAD NAHDHOTUL 'ULUM YALA THAILAND SELATAN TAHUN 2009

MISS KADARIA WAENALAI - NIM. 05410117, (2010) PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DI MA'HAD NAHDHOTUL 'ULUM YALA THAILAND SELATAN TAHUN 2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat manusia pada akhir zaman, yaitu zaman Nabi Muhammad SAW. Menerimanya dengan perantara malaikat Jibril as. Kemudian beliau membaca dan mendekat kepada para sahabat.Untuk menjaga kemurnian Al-Qur'an, maka dihafal oleh para sahabat, oleh karena itu bagaimana di Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan berusaha untuk memenuhi kewajiban tersebut. Ma'had pertama kali didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sekarang proses pendidikannya terdiri dari dua program yaitu program Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Umum. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan dan penerapan metode menghafal Al-Qur'an,Bagaimana hasil pembelajaran menghafal Al-Qur'an, Apa faktor penghambat dan penunjang pelaksanaan menghafal Al-Qur'an di Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan pada tahun 2009. Kemudian bagian ekstrakurikuler adalah Tahfidz Al-Qur'an.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran menghafal Al-Qur'an di Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menghafal Al-Qur'an di Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan untuk menambah khazanah tentang pembelajaran menghafal Al-Qur'an di Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan. Populasi penelitian ini adalah akan mengambil siswa sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menentukan lokasi di Sekolah Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan. Pembelajaran menghafal Al-Qur'an yang diajarkan pada siswa harus sesuai dengan kemampuan yang ada pada anak didik. Dalam hal ini tugas pendidikan sangat diutamakan, diharapkan dengan pendidikan hal-hal yang baik dapat disampaikan pada generasi berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan penelitian wawancara sampel, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan analisa data induktif dan deduktif. Hasil analisis kualitatif menyimpulkan bahwa metode yang dipakai adalah metode tahfidz dan Takrir. Dan untuk pelaksanaannya, yaitu setiap hari kecuali hari minggu, dilaksanakan setelah Maghrib, Isya dan Subuh. Untuk faktor penghambatnya adalah karena tidak dapat konsentrasi, sedangkan faktor penunjangnya adalah karena metode yang digunakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.Mujahid, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: metode menghafal Al-Qur'an, Ma'had Nahdhotul Ulum Yala Thailand Selatan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item