SUPORTER IDEAL : STUDI STRATEGI KOMUNITAS BRIGATA CURVA SUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUPORTER IDEAL DI PSS SLEMAN

Dwiki Hadi Arafat, NIM: 14230060 (2019) SUPORTER IDEAL : STUDI STRATEGI KOMUNITAS BRIGATA CURVA SUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUPORTER IDEAL DI PSS SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SUPORTER IDEAL : STUDI STRATEGI KOMUNITAS BRIGATA CURVA SUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUPORTER IDEAL DI PSS SLEMAN)
14230060_ BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SUPORTER IDEAL : STUDI STRATEGI KOMUNITAS BRIGATA CURVA SUD DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUPORTER IDEAL DI PSS SLEMAN)
14230060_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Di Indonesia, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang diminati dan disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia, profesi serta jenis kelamin. Sepak bola di Indonesia tidak lepas dari pendukung atau suporter. Suporter di Indonesia divonis memperburuk citra sepak bola dan menjadi problem negara karena sering terjadi tindak kekerasaan, kerusuhan, pengerusakaan, pelecehan seksual dan rasisme. Di Kabupaten Sleman terdapat kelompok suporter yang berbeda yakni Brigata Curva Sud pendukung PSS Sleman. Brigata Curva Sud selalu mengajak anggotanya agar berprilaku menjadi suporter sesuai perannya dengan menjunjung tinggi nilai kreatifitas, sportifitas, dan tidak melakukan hal yang merugikan Tim PSS Sleman, sesama anggota suporter dan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan bagaimana konsep suporter ideal menurut Komunitas Suporter Brigata Curva Sud dan strategi Brigata Curva Sud Suporter PSS Sleman dalam membentuk karakter anggota dan dampak dari membentuk karakter melalui komunitas suporter Brigata Curva Sud PSS Sleman. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan informan dengan menggunakan Snowballing (bola salju). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, konsep suporter ideal menurut komunitas Brigata Curva Sud yakni suporter yang mendukung secara finansial, mendukung secara moril dan kritis terhadap Tim PSS Sleman. Kedua, strategi membentuk karakter anggota diimplementasikan dalam enam strategi, yakni edukasi, forum, keteladanan, pembiasaan, keagamaan, hukuman. Ketiga, hasil pembentukan karakter memunculkan lima dampak yakni, anggota mempunyai rasa empati, kontrol diri, rasa hormat, peduli dan toleransi. Kata Kunci : Komunitas Suporter, Brigata Curva Sud, Karakter Ideal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunitas Suporter, Brigata Curva Sud, Karakter Ideal
Subjects: Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Jul 2020 11:29
Last Modified: 16 Jul 2020 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38155

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum