PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian tindakan Kelas)/

MOH IBNU ABDISSALAM NIM: 05420085, (2010) PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian tindakan Kelas)/. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian tindakan Kelas)/)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (989kB) | Preview
[img] Text ( PERAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI IPA MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian tindakan Kelas)/)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan konsep pada Kelas XI IPA MAN Pakem; (2) Mengetahui peran metode Metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Pakem Sleman berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pretest dan post-test siklus I dan II. Data aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data hasil belajar diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI IPA MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Dan pembelajaran dengan metode ini berperan dalam peningkatan prestasi belajar siswa dengan adanya nilai effect size antara rerata pre-test dan post-test siklus I adalah 6.19. dan effect size antara rerata pre-test dan post-test siklus II adalah 22.15. Sedangkan Peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 20.96 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Prof Dr. H.Nizar Ali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, metode Student Teams Achievment Divisions (STAD)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2012 13:48
Last Modified: 05 Apr 2017 01:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item