EKSPERIMENTASI METODE RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI SANTRI DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

MUH ZAKI AMRULLOH - NIM. 03420228, (2010) EKSPERIMENTASI METODE RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI SANTRI DALAM PEMBELAJARAN QIRA'AH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI SANTRI DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI SANTRI DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil metode Resource Based Learning bila diterapkan terhadap pembelajaran Qira'ah di Madrasah Salafiyyah II Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Untuk mengetahui hasil metode Resource Based Learning tersebut dilakukan uji perbedaan antara hasil materi Qira'ah kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode RBL ) dengan kelompok control ( kelompok yang tidak menggunakan metode RBL ) pada santri Madrasah Salafiyyah II kelas I, II, III,dan IV. Tahun pelajaran 2008/2009. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi ( content validity ) dan uji reliabilitas. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas selebaran dengan rumus kolmogorof smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Dan analisis data dengan rumus uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar Qira'ah siswa kelompok eksperimen dengan kelompok control. Perbedaan ini dapat dilihat dari perbedaan skor rata rata post test kelompok eksperimen sebesar 16,56. Sedangkan untuk kelompok control sebesar 14,00. Dari data peningkatan kemampuan hasil belajar Qira'ah tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 3,84 sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 1,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode Resource Based Learning mempunyai perbedaan yang signifikan, sehingga metode Resource Based Learning dapat dierapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Qira,ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: metode Resource Based Learning, pembelajaran Qira'ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2012 09:27
Last Modified: 05 Apr 2017 01:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item