ANALISIS PENGARUH BI RATE, HARGA MINYAK DUNIA, HARGA EMAS DUNIA, DAN KURS DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2014-2018

AULIA SAFIRA PUTRI, NIM. 16830007 (2019) ANALISIS PENGARUH BI RATE, HARGA MINYAK DUNIA, HARGA EMAS DUNIA, DAN KURS DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2014-2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH BI RATE, HARGA MINYAK DUNIA, HARGA EMAS DUNIA, DAN KURS DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2014-2018)
16830007_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH BI RATE, HARGA MINYAK DUNIA, HARGA EMAS DUNIA, DAN KURS DOLLAR TERHADAP HARGA SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2014-2018)
16830007_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Jakarta Islamic Indeks diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan para investor untuk mengembangkan investasi dalam ekuitas secara syariah. Harga minyak mentah dunia tidak hanya memberi pengaruh pada industri yang bergerak di bidang pertambangan, namun juga berpengaruh pada industri-industri yang lainnya. Karena minyak mentah digunakan oleh hampir seluruh sector industri yang ada sebagai penyalur dan juga penggerak roda perekonomian. Ini dapat memengaruhi tingkat daya beli masyarakat terhadap suatu barang konsumsi. Tentunya kenaikan harga minyak internasional akan memberikan tekanan pada inflasi secara signifikan sehingga mendorong seseorang untuk berinvestasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat regresi linier berganda untuk menguji dan menjelaskan pengaruh BI Rate, Harga Minyak Dunia, Harga Emas Dunia dan kurs terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII). Objek penelitian ini adalah indeks harga saham di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2014-2018. Jumlah data indeks harga saham JII yang dijadikan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 data. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data bulanan. Untuk data BI Rate dan nilai tukar di peroleh dari www.bi.go.id, untuk data harga minyak dunia, harga emas dunia dan harga saham JII di peroleh dari www.investing.com . Untuk mencapai tujuan penelitian, maka dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji F-statistik dan uji t-statistik, pada taraf 5%. Berdasarkan hasil uji-F menunjukkan bahwa BI Rate, harga minyak dunia, harga emas dunia dan kurs secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII). Adjusted R2 sebesar 0.5772 yang berarti bahwa semua variabel independen sebesar 57,72%, sedangkan sisanya sebesar 42,28% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial dengan uji-t menunjukkan bahwa variabel BI Rate, Harga minyak dunia dan kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII). Variabel harga emas dunia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII). Kata kunci: BI Rate, Harga Minyak Dunia, Harga Emas Dunia, Kurs dan JII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. M. YAZID AFANDI, M. Ag
Uncontrolled Keywords: BI Rate, Harga Minyak Dunia, Harga Emas Dunia, Kurs dan JII
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2020 09:55
Last Modified: 20 Jul 2020 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38173

Actions (login required)

View Item View Item