SPESIALISASI DAN KONSENTRASI SPASIAL INDUSTRI MANUFAKTUR DI JAWA TENGAH TAHUN 2012-2015

KAMELIA RAHAYUNINGSIH, NIM 15810025 (2019) SPESIALISASI DAN KONSENTRASI SPASIAL INDUSTRI MANUFAKTUR DI JAWA TENGAH TAHUN 2012-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SPESIALISASI DAN KONSENTRASI SPASIAL INDUSTRI MANUFAKTUR DI JAWA TENGAH TAHUN 2012-2015)
15810025_BAB I_BAB V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SPESIALISASI DAN KONSENTRASI SPASIAL INDUSTRI MANUFAKTUR DI JAWA TENGAH TAHUN 2012-2015)
15810025_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang memberikan konstribusi terbesar pada pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Oleh karena itu pengembangan industri manufaktur bagi pemerintah daerah merupakan tugas yang utama guna meningkatkan perekonomian di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui spesialisasi industri dan konsentrasi spasial industri manufaktur serta faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi spasial industri manufaktur di Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan dalam mengetahui spesialisasi industri yaitu Indexs LQ (Location Quotient) , konsentrasi spasial dihitung melalui Concentration Ratio (CR) sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi spasial menggunakan alat analisis regresi data panel dengan estimasi model fixed effect. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah PDRB Jawa Tengah, Output Industri Manufaktur, Jumlah Tenaga Kerja, Upah, Tingkat Produktivitas, Jumlah Perusahaan dan Inflasi per kabupaten/kota di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa spesialisasi industri dan konsentrasi spasial tertinggi terdapat di subsektor industri pengolahan tembakau yang terkonsentrasi di Kabupaten Kudus, selanjutnya subsektor industri pengolahan kayu, bambu dan kerajinan dari kayu yang terkonsentrasi di Kota Semarang, kemudian sub sektor industri tekstil dan pakaian jadi yang terkonsentrasi di Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan untuk hasil regresi data panel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi spasial industri manufaktur di Jawa Tengah. Sedangkan secara parsial variabel tenaga kerja dan tingkat produktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi spasial industri manufaktur di Jawa Tengah, variabel upah, jumlah perusahaan dan inflasi tidak berpengaruh secara signifikan. Kata kunci : Indeks LQ, Concentration Ratio (CR), Tenaga Kerja Industri, Upah Industri, Tingkat Produktivitas, Jumlah Perusahaan, Inflasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: LAILATIS SYARIFAH, M.A.
Uncontrolled Keywords: Indeks LQ, Concentration Ratio (CR), Tenaga Kerja Industri, Upah Industri, Tingkat Produktivitas, Jumlah Perusahaan, Inflasi
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:28
Last Modified: 23 Jul 2020 06:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum