PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME

MUH. NASIRUDDIN - NIM. 0542000, (2010) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BEHAVIORISME)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, metode yang di gunakan dan unsur-unsur teori Behaviorisme yang terdapat dalam pembelajarannya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan motivasi pada guru dan siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta agar dapat mempertahankan dan mengembangkan bahasa Arab karena bahasa Arab bukan sebatas pelajaran yang diajarkan akan tetapi untuk mengetahui isi, makna dan kandungan yang terdapat di dalam Al-Qur'an dan bagaimana mengimplementasikannya di dunia nyata. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam analisa data tersebut dimulai dengan menelaah data, setelah data terhimpun kemudian di klarifikasikan dan dianalisis isinya, kemudian diinterpretasikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta termasuk kondusif, terlihat dari guru dan siswa yang disiplin waktu dan pembelajaran di dalam kelas terlihat berjalan lancar. (a) tujuannya adalah menumbuhkan kecintaan dan kemampuan dasar berbahasa Arab yang meliputi kemampuan mendengar, menyimak, membaca dan menulis untuk memahami sumber-sumber ajaran Islam dan mengamalkannya. (b) sistem pengajarannya dengan qiro'ah, tarjamah, penjelasan dan latihan / sistem terpadu. (c) materi pembelajarannya adalah membaca, memahami kata-kata dan kalimat, memberikan contoh-contoh yang terkait dengan Na'at dan Man'ut, membuat kalimat dengan pola Na'at dan Man'ut, dan menunjukan Na'at dan Man'ut dalam kalimat. (d) metode pengajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta menggunakan metode Qiro'ah, metode terjemahan tatabahasa dan metode diskusi. (2) Pengaruh behaviorisme pada pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. (a) karakteristik behaviorisme; pertama, behaviorisme bersifat molecular, kedua, bersifat pasif, ketiga, penekanan didalam belajar, keempat, bersifat mekanistik. (b) unsur-unsur behavioristik pada pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta; pertama, materi disiapkan, kedua, murid bersifat pasif, ketiga, guru bersifat aktif, keempat, tubian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, teori Behaviorisme
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:30
Last Modified: 05 Apr 2017 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item