ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA: PENERAPAN METODE DU PONT

ANGGITA LUSI ANGGRAINI, NIM. 14820018 (2019) ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA: PENERAPAN METODE DU PONT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA: PENERAPAN METODE DU PONT)
14820018_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA: PENERAPAN METODE DU PONT)
14820018_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

kegiatan operasional perusahaan. Efisiensi kinerja keuangan dapat diukur dari kemampuan manajemen dalam mempertahankan stabilitas perolehan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan menggunakan rasio intellectual capital dan islamicity performance index. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja keuangan menggunakan pengukuran Return on Investment (ROI) sedangkan, variabel independen yang digunakan adalah intellectual capital dan islamicity performance index dengan pengukuran iB-VAICTM, Profit Sharing Ratio (PSR), Equitable Distribution Ratio (EDR), Zakat Performance Ratio (ZPR), dan Islamic Income Vs Non-Islamic Income Ratio (IIR). Populasi pada penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan pada periode 2013-2018, pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan sampel 7 (tujuh) Bank Umum Syariah di Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah metode du pont dengan alat bantu software Excel dan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, PSR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, EDR berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, ZPR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, dan IIR tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Implikasi dari penelitian ini adalah bank syariah dapat konsisten memperhatikan dan memperbaiki kinerja keuangan dengan intellectual capital, meningkatkan pembiayaan mudharabah dan musyarakah untuk menaikkan profit sharing ratio, meningkatkan equitable distribution ratio dengan memperbaiki pemerataan alokasi pendapatan, meningkatkan pembayaran zakat, dan meminimalkan non-islamic income ratio. Kata kunci: Kinerja Keuangan, Metode Analisis Du Pont, Intellectual Capital, Profit Sharing Ratio, Equitable Distribution Ratio, Zakat Performance Ratio, dan Islamic Income Vs Non-Islamic Income Ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. IBNU QIZAM, S.E., Akt., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Metode Analisis Du Pont, Intellectual Capital, Profit Sharing Ratio, Equitable Distribution Ratio, Zakat Performance Ratio, dan Islamic Income Vs Non-Islamic Income Ratio
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jul 2020 13:20
Last Modified: 23 Jul 2020 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum