UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMUN 1 DEPOK SLEMAN

NANANG SUSIANTO - NIM. 04471204, (2010) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMUN 1 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMUN 1 DEPOK SLEMAN)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMUN 1 DEPOK SLEMAN)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari isu tentang rendahnya kualitas pendidikan, khususnya pendidikan agama yang dikaitkan dengan rendahnya kualitas guru pendidikan agama tersebut. Isu ini ada kemungkinan benar dan ada kemungkinan salah, karena keberhasilan pendidikan ditentukan oleh banyak faktor. Namun demikian, faktor kepala sekolah dan guru merupakan faktor yang menentukan. Keberhasilan kepala sekolah dan guru dalam tugasnya sebagai pemimpin lembaga pendidikan dan sebagai pendidik ditentukan oleh kualitas komptensi yang dimilikinya. Derngan lahirnya Undang-undang No.14 Tahun 2005 Bab IV pasal 10 guru diharuskan mempunyai empat kompetensi yaitu ; Kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Undang undang ini dibentuk untuk meningkatkan mutu guru sebagai profesi yang bermartabat. Dari kualitas pengajaran yang dilakukan, siswa senantiasa dihantui dengan kebosanan untuk belajar agama, karena kurangnya metode yang diterapkan oleh guru dalam mengajar. Sehingga ketika metode diterapkan dengan baik maka peserta didik pun akan merasa nyaman dan senag dalam mempelajari pelajaran agama. Dari kegelisahan diatas, penulis tertarik umtuk melakukan penelitian tentang Upaya kepala Sekolah dalam mengembangkan Komptensi Pedagogik Guru PAI yang dilakukan di SMUN I Depok Sleman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap dan mengetahui tentang keadaan dan upaya upaya apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi Guru PAI yang ada di SMUN I Depok Sleman. Dengan diketahuinya keadaan dan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru PAI di sekolah tersebut, maka akan memberikan manfaat untuk guru yang bersangkutan, sekolah, dan pemerintah di dalam mengambil kebijakan yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan termasuk mutu guru. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan pemilahan data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Analisa data dengan menggunakan metode deduktif, induktif serta komperatif dari berbagai teori dan kemudian dilakukan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan komptensi pedagogik guru pendidikan agama Islam sudah cukup baik, para guru telah banyak menggunakan beberapa metode, baik dari ceramah, diskusi, demonstrasi, halaqoh, tugas kelompok dan lainnya. Dari beberapa metode ya ng dilakukan dapat membuat para siswa dapat merasa nyaman dan senang untuk mempelajari agama. Pengembangan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dilakukan melalui seminar-seminar, worksop, pembelajaran multyi media, memberikan kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Prof. DR.H.Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 14:57
Last Modified: 20 Mar 2017 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item