PERUBAHAN SOSIAL TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (Studi Pada Wisata Kampoeng Mataraman Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul)

R O H M A H, NIM 15720050 (2019) PERUBAHAN SOSIAL TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (Studi Pada Wisata Kampoeng Mataraman Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN SOSIAL TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (Studi Pada Wisata Kampoeng Mataraman Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul))
15720050_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN SOSIAL TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (Studi Pada Wisata Kampoeng Mataraman Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul))
15720050_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Desa merupakan salah satu target pemerintah untuk merealisasikan program desa yang mandiri. Salah satunya dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Contohnya di Desa Panggungharjo yang menjadi salah satu desa yang memiliki badan usaha yang mampu meminimalisir permasalahan ekonomi yang ada di masyarakat sehingga Panggungharjo mendapati desa terbaik dan BUMDes terbaik dari BUMDes yang ada di Indonesia. Permasalahan yang muncul di Desa Panggungharjo yakni bertambahnya penduduk menyebabkan pengangguran, kemiskinan, masyarakat desa yang melakukan perantauan bekerja ke kota, keberadaan janda-janda dan masyarakat rentan. Adanya permasalahan tersebut menjadikan Desa Panggungharjo melakukan upaya minimalisir salah satunya dengan adanya BUMDes Panggung Lestari melalui unitnya yaitu Kampoeng Mataraman diharapkan dengan adanya ini mampu memberikan perubahan sosial ekonomi di masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses perubahan sosial dan ekonomi yang terjadi di masyarakat dengan kehadirannya BUMDes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kemudian data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan peneliti untuk memperkuat hasil analisis dalam penelitian ini adalah konsep teori perubahan sosial. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa adanya Kampoeng Mataraman ini menyebabkan perubahan yang signifikan dilihat dari adanya ide dan inisiatif Kepala Desa Panggungharjo. Menggunakan strategi memetakan potensi-potensi yang ada di Desa Panggungharjo dan menggunakan jenis usaha yang bergerak pada bidang pariwisata. Serta adanya dana keuntungan dari unit-unit BUMDes. Sehingga timbul dampak perubahan yang mampu memberikan kesejahteraan sosial ekonomi bagi masyarakat dilihat dari beberapa aktivitas baik secara ekonomi, sosial dan budaya. Perubahan sosial terhadap ekonomi masyarakat desa dapat diwujudkan melalui membuka lapangan pekerjaan baru sehingga dari masyarakat yang bekerja serabutan menjadi pekerja kontrak. Dengan mengetahui perolehan hasil pendapatan kerja serabutan di bawah Rp 1.000.000. Sedangkan setelah adanya Kampoeng Mataraman pendapatan yang diperoleh mengalami perubahan berkisar antara Rp 1.300.000 sampai Rp 1.500.000. Selain itu mampu, meningkatkan akses ekonomi masyarakat maupun kelompok marginal. Kata kunci : Kampoeng Mataraman, Perubahan Sosial Ekonomi, Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Yayan Suryana, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kampoeng Mataraman, Perubahan Sosial Ekonomi, Masyarakat
Subjects: Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jul 2020 13:07
Last Modified: 24 Jul 2020 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum