PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN NAHWU

Fitra Astnal Mala, NIM. 12420005 (2019) PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN NAHWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN NAHWU)
12420005_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN NAHWU)
12420005_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran nahwu dengan menggunakan media video dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar nahwu antara kelompok eksperimen yang menggunakan media video dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media video pada santri kelas wustho Pondok Pesantren Al-Islam Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang melibatkan seluruh siswa kelas wustho Pondok Pesantren Al-Islam Yogyakarta yang berjumlah 20 santri dan kemudian dibagi menjadi 2 kelompok.10 santri untuk kelompok control dan 10 santri untuk kelompok eksperimen.Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Untuk menguji keabsahan instrument dilakukan dengan mnggunakan uji validitas konstruk (construct validity).Uji reliabilitas menggunakan rumus guttman split-half coefficient.Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Shapiro-wilk.Sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus lavene statistics.Dan analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-tes kelompok kontrol sebesar 73,60 sedangkan nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 87,60. Sedangkan uji t nilai posttest kelompok eksperimen menghasilkan sig.(2-tailed) 0,034 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar nahwu antara kelompok control dengan kelompok eksperimen. Maka media video dapat digunakan sebagai solusi alternative dalam meningkatkan hasil belajar santri dalam pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si
Uncontrolled Keywords: media, video, nahwu
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2020 08:58
Last Modified: 14 Feb 2020 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum