STUDI POPULASI DAN HABITAT ANGGREK Dendrobium jacobsonii J. J. SM SERTA KARAKTER MORFOLOGI POHON INANGNYA DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG LAWU MELALUI CANDI CETHO

Muhammad Yusuf, NIM 14640039 (2019) STUDI POPULASI DAN HABITAT ANGGREK Dendrobium jacobsonii J. J. SM SERTA KARAKTER MORFOLOGI POHON INANGNYA DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG LAWU MELALUI CANDI CETHO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI POPULASI DAN HABITAT ANGGREK Dendrobium jacobsonii J. J. SM SERTA KARAKTER MORFOLOGI POHON INANGNYA DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG LAWU MELALUI CANDI CETHO)
14640039_BAB_I_DAN V_DAFTAR_PUSAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI POPULASI DAN HABITAT ANGGREK Dendrobium jacobsonii J. J. SM SERTA KARAKTER MORFOLOGI POHON INANGNYA DI JALUR PENDAKIAN GUNUNG LAWU MELALUI CANDI CETHO)
14640039_BAB II SAMPAI_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Anggrek Dendrobium jacobsonii merupakan flora yang persebarannya terbatas di pulau Jawa bagian timur, dengan Gunung Lawu sebagai batas barat distribusinya. Anggrek epifit endemik pulau Jawa ini keberadaanya semakin terancam akibat kerusakan habitat dan perburuan ilegal. Salah satu usah awal untuk pelestarian anggrek Dendrobium jacobsonii adalah dengan mengetahui populasinya di alam dan mengidentifikasi karakter habitat serta pohon inangnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jumlah populasi dan preferensi karakter habitat dari anggrek Dendrobium jacobsonii. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dan transec dilakukan pada bulan Maret 2019. Hasil eksplorasi ditemukan 189 rumpun anggrek Dendrobium jacobsonii yang menempel pada 49 pohon cemara gunung (Casuarina junghuhuniana). Pola persebaran didapati pola bergerombol pada ketinggian 2200-2400 mdpl dan 2700-3000 mdpl. Perjumpaan anggrek Dendrobium jacobsonii sebagian besar berada pada kisaran suhu 22-27 ⁰C. dengan kelembaban udara pada kisaran 63,1-68%. Sedangkan untuk intensitas cahaya berada pada paparan cahaya 2000 – 10.000 lux. Karakter morfologi pohon anggrek Dendrobium jacobsonii diperoleh persentase interval ukuran terbanyak adalah diameter pohon inang berukuran 51-60 cm, tingg pohon inang berukuran 17,1-19 m, tinggi kanopi berukuran 9,1-11 m, lebar kanopi berukuran 4,5-5,5 m dan tinggi batang lepas cabang berukuran 2-5 m. Kata kunci: Dendrobium jacobsonii, distribusi, Gunung Lawu, karakter morfologi, habitat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Aisah M.Si
Uncontrolled Keywords: Dendrobium jacobsonii, distribusi, Gunung Lawu, karakter morfologi, habitat
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:56
Last Modified: 11 Aug 2020 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum