INDUKSI KALUS ANGGREK BULAN HIBRIDA (Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety) PADA MEDIA KULTUR ALTERNATIF DENGAN PUPUK MAJEMUK DAUN

Aulia Rachmawati, NIM 15640030 (2019) INDUKSI KALUS ANGGREK BULAN HIBRIDA (Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety) PADA MEDIA KULTUR ALTERNATIF DENGAN PUPUK MAJEMUK DAUN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INDUKSI KALUS ANGGREK BULAN HIBRIDA (Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety) PADA MEDIA KULTUR ALTERNATIF DENGAN PUPUK MAJEMUK DAUN)
15640030_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INDUKSI KALUS ANGGREK BULAN HIBRIDA (Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety) PADA MEDIA KULTUR ALTERNATIF DENGAN PUPUK MAJEMUK DAUN)
15640030_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety merupakan salah satu anggrek bulan hibrida yang populer di masyarakat. Selama ini, perbanyakannya hanya dilakukan melalui penaburan biji yang membutuhkan waktu cukup lama karena harus menunggu pembungaan dan pemasakan buah. Oleh karena itu, induksi kalus menjadi alternatif untuk perbanyakan anggrek bulan ini dengan kelebihan tidak bergantung pada musim, hasil produksi dalam skala besar, seragam, dan bebas dari hama penyakit. Media kultur yang umum digunakan untuk pertumbuhan anggrek bulan adalah New Phalaenopsis. Media ini tidak dijual bebas di pasar karena ketersediaannya yang terbatas. Adapun selama ini pelaku industri maupun masyarakat pecinta anggrek telah mengenal pupuk majemuk daun dengan merek dagang Gandasil-D, Grow More, dan Mutiara dengan kandungan makro dan mikronutriennya diharapkan dapat menjadi nutrisi alternatif pengganti NP, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dan dijual secara bebas di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon eksplan serta karakteristik morfologi kalus yang dihasilkan melalui proses induksi kalus Ph. Black Jack x Yupin Sweety menggunakan ketiga jenis pupuk majemuk daun sebagai media kultur alternatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lima perlakuan media yaitu: K0 (NP + 0 ppm NAA), K (NP + 2 ppm NAA), P1 (Gandasil-D + 2 ppm NAA), P2 (Grow More + 2 ppm NAA), dan P3 (Mutiara + 2 ppm NAA) dengan setiap perlakuan terdiri dari lima ulangan. Kalus yang muncul diamati dengan mikroskop pada usia 12 MST. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, media kultur alternatif yang efektif digunakan dalam induksi kalus Ph. Black Jack x Yupin Sweety adalah P2 dan P3 dengan karakteristik kalus jernih dan kecoklatan, berbutir-butir, serta berdinding tipis. Namun demikian, kemampuan pupuk majemuk daun Grow More untuk digunakan sebagai media kultur alternatif dalam proses induksi kalus belum sebanding dengan NP. Sementara itu, hasil tidak optimal ditunjukkan oleh P1 karena eksplan mengalami browning total dan tidak ada kalus yang muncul. Kata kunci: induksi kalus, NAA, Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety, pupuk majemuk daun Gandasil-D, Grow More, dan Mutiara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhamad Wisnu, M.Biotech,
Uncontrolled Keywords: kalus, NAA, Phalaenopsis Black Jack x Yupin Sweety, pupuk majemuk daun Gandasil-D, Grow More, dan Mutiara.
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Aug 2020 11:28
Last Modified: 11 Aug 2020 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum