PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM AN-NUR BANTULKARANG RINGINHARJO BANTUL

NUR HABIB - NIM. 05410183, (2010) PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM AN-NUR BANTULKARANG RINGINHARJO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM AN-NUR BANTULKARANG RINGINHARJO BANTUL)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (910Kb)
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM AN-NUR BANTULKARANG RINGINHARJO BANTUL)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (142Kb)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini muncul berangkat dari kenyataan anak asuh berasal dari keluarga bermasalah sosial yang memerlukan sekali penanganan pembinaan akhlak yang terbaik dari pihak PAY An-Nur. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pembinaan akhlak yang selama ini dilakukan oleh PAY An-Nur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlak PAY An-Nur bagi anak asuhnya, hasil yang telah dicapai dari pembinaan tersebut, faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta solusi pemecahan masalah tersebut. Harapannya kedepan peran PAY An-Nur sesuai peruntukan dan fungsinya, pola pengasuhan yang baik serta hal penting lainnya seperti adanya perlindungan hukum bagi anak asuh menjadi hal yang lebih diperhatikan dalam pembinaan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di Panti Asuhan Yatim Putra Islam An-Nur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik analisa data dengan memutuskan, menafsirkan, serta mengklasifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena dengan metode berfikir. Adapun untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola pikir induktif, yaitu cara berfikir berangkat dari fakta-fakta khusus, peristiwa yang konkret, kemudian dari fakta-fakta atau peristiwaperistiwa khusus dan konkrit itu digeneralisasikan menjadi pengertian yang bersifat umum. Langkah analisis data adalah meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi, yaitu suatu pendekatan yang lebih menekankan tentang pengalaman kegiatan rohani dan tentang tingkah laku yang hubungannya dengan sikap responsif serta sikap menyesuaikan diri terhadap dunia sekitar dalam hal ini anak asuh. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembinaan akhlak dilaksanakan dengan pembinaan keagamaan, pengasuhan intensif, pembinaan kesenian dan ketrampilan serta kegiatan sosial dan wisata ruhani. 2) Hasil yang telah dicapai antara lain ketaatan beribadah dan sikap positif seperti jujur, pemaaf, optimis dan lain-lain. 3) Faktor yang mendukung pembinaan akhlak ialah pola pengasuhan yang baik, manajemen kerja yang baik, dana yang mencukupi, dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah problem psikologis anak asuh, program kerja yang sebagian tidak dilaksanakan, kurangnya motivasi anak asuh, tidak diteruskannya pembinaan anak asuh oleh wali mereka serta adanya lingkungan yang tidak kondusif. 4) Solusi yang dilakukan adalah pengasuh selalu berusaha melakukan pendekatan kepada anak asuh, mengadakan evaluasi, pelatihan kepengasuhan dan manajemen panti, berpartisipasi dalam Forum Komunikasi Panti se-Bantul, pertemuan wali anak asuh dengan dewan pengasuh serta menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si,
Uncontrolled Keywords: pembinaan akhlak anak asuh PAY An-Nur
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 09:30
Last Modified: 04 Sep 2012 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item View Item