PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BUILDER SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (STPP) TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DETERGEN BENTONIT SEBAGAI PENGHILANG NAJIS MUGHALLADZAH

Taufiqur Rohim, NIM 15630005 (2019) PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BUILDER SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (STPP) TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DETERGEN BENTONIT SEBAGAI PENGHILANG NAJIS MUGHALLADZAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BUILDER SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (STPP) TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DETERGEN BENTONIT SEBAGAI PENGHILANG NAJIS MUGHALLADZAH)
15630005_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BUILDER SODIUM TRIPOLYPHOSPHATE (STPP) TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DETERGEN BENTONIT SEBAGAI PENGHILANG NAJIS MUGHALLADZAH)
15630005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari variasi komposisi builder sodium tripolyphosphate (STPP) terhadap sifat fisikokimia serta aktivitas antibakteri detergen bentonit. Penelitian ini dilakukan dengan membuat detergen bentonit menggunakan bahan utama Ca-bentonit yang telah dipreparasi dengan pengurangan ukuran partikel (size reduction). Detergen bentonit dibuat dengan variasi komposisi STPP 1%, 3%, dan 5% (b/b). Produk yang dihasilkan kemudian dievaluasi sifat fisikokimianya, meliputi sifat organoleptik, nilai pH, tinggi dan stabilitas busa, serta tegangan permukaan yang dilanjutkan dengan uji statistika untuk mengetahui signifikansi pengaruh yang diberikan. Detergen bentonit kemudian diuji aktivitas antibakterinya terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Produk optimum selanjutnya dikarakterisasi menggunakan spektroskopi FTIR. Detergen bentonit dengan komposisi STPP 1% (b/b) memberikan sifat fisikokimia optimum dengan aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dan E. coli sebagai representasi dari bakteri air liur anjing yang diuji dengan metode difusi cakram menghasilkan diameter zona bening sebesar 14,5 mm dan 20,5 mm. Adapun hasil karakterisasi menggunakan spektroskopi FTIR menunjukkan bahwa detergen bentonit memiliki kandungan utama Ca-bentonit yang diindikasikan berinteraksi dengan senyawa SLES melalui serapan pada bilangan gelombang 1033,85 cm-1, 1226,73 cm-1, dan 1356,89 cm-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi komposisi STPP berpengaruh signifikan terhadap nilai pH dan tegangan permukaan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap tinggi dan stabilitas busa. Semakin banyak komposisi STPP menyebabkan nilai pH dan tegangan permukaan detergen bentonit semakin tinggi. Kata kunci: detergen bentonit, najis mughalladzah, sodium tripolyphosphate (STPP), Staphylococcus aureus, Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: detergen bentonit, najis mughalladzah, sodium tripolyphosphate (STPP), Staphylococcus aureus, Escherichia coli.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:26
Last Modified: 19 Aug 2020 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum