KEBERAGAMAAN GENERASI Z (Studi Keberagamaan Siswa-Siswi Muslim Di SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun 2018)

APRILIA CHUSNA MAIMANAH, NIM. 14520015 (2019) KEBERAGAMAAN GENERASI Z (Studi Keberagamaan Siswa-Siswi Muslim Di SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun 2018). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEBERAGAMAAN GENERASI Z (Studi Keberagamaan Siswa-Siswi Muslim Di SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun 2018))
14520015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KEBERAGAMAAN GENERASI Z (Studi Keberagamaan Siswa-Siswi Muslim Di SMA N 1 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun 2018))
14520015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Keberagamaan Generasi Z (Studi keberagamaan siswa- siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta pada tahun 2018). Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui Keberagamaan siswa-siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta tahun 2018, 2) Mengetahui faktor- faktor keberagamaan siswa-siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Snowball Sampling. Pengumpulan data skripsi ini melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian di analisis melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, keberagamaan pada siswa- siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta dapat ditinjau melalui dimensi keberagamaanya yaitu 1)Dimensi keyakinan berupa keyakinan dan kepercayaan kepada Allah melalui sifat- sifatnya. 2)Dimensi ritual berupa pelaksanaa ibadah sehari- hari seperti sholat lima waktu dan puasa ramadhan yang diwajibkan dalam islam. 3)Dimensi experensial berupa perasaan senang dan bahagia setelah melakukan ibadah. 4)Dimensi konsekuensial berupa kontrol diri yang muncul dampak dari melakukan kegiatan keberagamaan. 5)Dimensi intelektual berupa pengetahuan mengenai ajaran-ajaran islam. Menariknya dalam menjalankan dimensi keberagamaan mayoritas dari siswa- siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta menggunakan Internet dan Smartphone sebagai saranya. Kedua, Faktor- faktor keberagamaan para siswa- siswi muslim di SMA N 1 Kasihan Bantul Tirtonirmolo Yogyakarta yaitu 1)faktor internal yang menyangkut pengalaman keagamaan dan Tingkat Usia. 2)Faktor eksternal yang menyangkut lingkungan sosial. 3) Internet yang saat ini sebagai sarana untuk mendalami agama dikalangan dan dapat memberikan dampak negative dan positif terhadap keberagamaan siswa- siswi muslim di SMA N 1 Kasihan. Kata Kunci : Keberagamaan, Internet dan Generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sekar Ayu Aryani, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan, Internet dan Generasi Z
Subjects: Gerakan Reformasi
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:27
Last Modified: 19 Aug 2020 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38299

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum