HIPEREALITAS AGAMA DAN DAMPAKNYA (Studi Kasus Perilaku Keagamaan Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam

DADAN MAULANA, NIM. 15540015 (2019) HIPEREALITAS AGAMA DAN DAMPAKNYA (Studi Kasus Perilaku Keagamaan Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HIPEREALITAS AGAMA DAN DAMPAKNYA (Studi Kasus Perilaku Keagamaan Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam)
15540015_PRA BAB_BAB I_BAB V.DAFTAR PUSTAKA, CVpdf.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HIPEREALITAS AGAMA DAN DAMPAKNYA (Studi Kasus Perilaku Keagamaan Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta) SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam)
15540015_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hiperealitas merupakan suatu fenomena yang terjadi pada globalisasi. Dimana era tersebut menekankan kecanggihan teknologi, terutama teknologi virtual. Teknologi virtual memberikan ruang bagi manusia untuk menciptakan kehidupan baru di dalam dunia virtual. Kehidupan baru tersebut menjadikan manusia mempunyai dua kehidupan yakni kehidupan dunia nyata dan kehidupan dunia virtual. Dalam penelitian ini membahas tentang fenomena hiperealitas dalam membentuk diri dan keagamaan manusia. terutama bagi kalangan remaja dan dalam penelitian ini mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menjadi objel penelitiannya. Penelitian ini berjudul “Hiperealitas Agama dan Dampaknya. Studi Kasus Perilaku Keagamaan Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Tujuan penelitian ini yakni, Pertama, untuk mengetahui Bagaimana mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta merepresentasikan diri ke dalam hiperealitas agama. Tujuan tersebut sangatlah penting karena menjadi titik temu dengan terjadinya representasi dalam hiperalitas agama. Kedua, untuk mengetahui dampak yang diahasilkan hiperealitas agama dalam kehidupan nyata. Dampak hiperealitas agama dalam kehidupan nyata meliputi, dampak terhadap diri, sosial dan agama. Tiga dampak tersebut mempengaruhi tentang keaslian dan kepalsuan representasi diri dalam hiperealitas. Teori yang digunakan dalam analisa hiperealitas agama yakni teori Jean Baudrillard tentang simulasi dan simulacrum. Di mana teori tersebut bisa menjelaskan bagaimana realitas menjadi hiperealitas, serta dampak dari hiperealitas dalam kehidupan nyata. Hasil dari penelitian tersebut yakni menemukan pola mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta merepresentasikan diri dalam hiperealitas agama. selain itu menemukan perubahan realitas menjadi hiperealitas dan dampak hiperealitas dalam realitas. Dampak yang terjadi dalam dunia hiperealitas yakni terjadi absurditas dalam realitas, menguatnya Fear of Missing Out (FoMO), alter ego, ekspresif primitif, fear dan pseudo happy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer, S. Ag. M. Si
Uncontrolled Keywords: Hiperealitas Agama, simulasi dan simulacrum.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Aug 2020 10:00
Last Modified: 28 Aug 2020 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38311

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum