PERAN AGAMA TERHADAP KRISIS HIDROEKOLOGI (Studi Kasus Desa Tegaldowo Pegunungan Kendeng Utara Kabupaten Rembang) SKRIPSI

MUHAMMAD MIFTAHUL KHOIR, NIM. 15540034 (2019) PERAN AGAMA TERHADAP KRISIS HIDROEKOLOGI (Studi Kasus Desa Tegaldowo Pegunungan Kendeng Utara Kabupaten Rembang) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN AGAMA TERHADAP KRISIS HIDROEKOLOGI (Studi Kasus Desa Tegaldowo Pegunungan Kendeng Utara Kabupaten Rembang) SKRIPSI)
15540034_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN AGAMA TERHADAP KRISIS HIDROEKOLOGI (Studi Kasus Desa Tegaldowo Pegunungan Kendeng Utara Kabupaten Rembang) SKRIPSI)
15540034_BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAKSI Secara letak geografis Desa Tegaldowo sebagian luas wilayahnya merupakan daerah lahan pertanian. Daerah desa Tegaldowo merupakan sebagian dari wilatah Pegunungan Kendeng. Dalam persoalan krisis lingkungan utamanya air yang terjadi diwilayah pegunungan kendeng secara tidak langsung akan berdampak pada pertanian dan sumber penghidupan mereka. Karena proses aktivitas pertanian tidak bisa dilepaskan dari peranan air, demikian juga dengan mahkluk hidup lain yang membutuhkan air. Air sendiri merupakan unsur alam yang begitu penting bagi kehidupan mahluk hidup, kehidupan seluruh mahluk hidup tidak bisa dipisahkan dari peranan air. Terlebih pada manusia yang tidak akan bisa hidup tanpa air. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun kesadran kolektif masyarakat untuk melindungi terhadap sumberdaya air dari kerusakan. Hasil penelitian ini bahwa bagi warga Tegaldowo sendiri air bukan hanya sebagai pemenuhan kebutuhan semata. Namun lebih dari sesuatu yang dianggap sakral, bahwa air dianggap sebagai ibu bagi mereka yang tidak bisa ditinggalkan selama masih hidup. Kesadaran masyarakat akan penjagaan terhadap air merupakan kesadaran diri manusia yang memang seharus mempunyai kewajiban untuk menjaga lingkungan dan sumberdaya alam nya. Beberapa kegiatan kebudayaan warga dalam upaya menjaga kelestarian sumberdaya air antara lain, Kupatan kendeng, Sedekah bumi dan Lamporan merupakan prosesi kegiatan yang didalamnya mengandung pesan terimakasih terhadap alam yang sudah memberi kehidupan. Serta tindakan sebagai manusia seharusnya memiliki rasa kewajiban dalam menjaga sumberdaya alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, SS, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Agama dan lingkungan, Petani kendeng
Subjects: AGAMA - PERBANDINGAN - PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:10
Last Modified: 02 Sep 2020 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum