PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON

Imam Mahdi, NIM. 15680013 (0019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON)
156810013_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA OK.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON)
156810013_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap minat belajar siswa 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian True Experiment dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 6. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data minat belajar siswa menggunakan nontes, dengan instrumen berupa lembar angket minat belajar siswa. Sedangkan teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan test, yang berupa soal pretest dan posttest materi Ekosistem. Analisis data menggunakan uji Mann – Whitney untuk menguji minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap minat belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yang menunjukan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti nilai sig <0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yang menunjukan nilai sig sebesar 0,001, yang berarti <0,05

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran problem based learning, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:12
Last Modified: 02 Sep 2020 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum