PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOJATI

Aulia Afifatur Rasyidah, NIM : 15690019 (0019) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOJATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOJATI)
15690019_BAB-I_IV-atau -V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PURWOJATI)
15690019_BAB -II_sampai_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan kognitif siswa. (2) Perbedaan peningkatan kemampuan kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yang digunakan berupa nonequivalent control grup design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran guided discovery learning dan variabel terikat berupa kemampuan kognitif siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Purwojati tahun pelajaran 2018/2019, sehingga teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Instrumen dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran, lembar soal uraian dan lembar observasi. Lembar soal digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa dan lembar observasi digunakan untuk mendukung data tentang aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan model guided discovery learning. Data kemampuan kognitif siswa dianalisis dengan statistik deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan kognitif siswa dibuktikan dengan nilai mean kelas eksperimen sebesar 70,32 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 43,27 (2) Terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada kelas eksperimen dengan nilai N-Gain sebesar 0,67 (sedang) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan N-Gain sebesar 0,35 (sedang) dengan nilai effect size sebesar 1,80 (sangat signifikan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widayanti M.Si
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning, Kemampuan Kognitif, Cahaya.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:28
Last Modified: 08 Sep 2020 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum