ANALISIS MIND MAP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN

Yesika Munandar, NIM. 15690025 (0019) ANALISIS MIND MAP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MIND MAP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN)
15690025_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MIND MAP SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN)
15690025_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pemahaman materi usaha dan energi siswa melalui analisis mind map (2) mengetahui respon siswa terhadap pembuatan mind map (3) mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan mind map. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 2. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik non - tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja siswa (LKS) dan angket siswa. Mind map yang dibuat oleh siswa dianalisis menggunakan rubrik penilaian mind map yang memiliki 5 kriteria penilaian yaitu kedalaman materi, kata kunci, warna, gambar, dan cabang. Masing-masing kriteria penilaian mind map memiliki 4 indikator yaitu sangat baik dengan skor 4, baik dengan skor 3, cukup dengan skor 2. dan kurang dengan skor 1. Proses analisis data pada penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil analisis mind map siswa adalah kedalaman materi pada mind map yang dibuat siswa rata-rata mendaptkan skor 1 dengan presentase 22 %, Pada kriteria kata kunci rata-rata siswa mendapatkan skor 3 dengan presentase 65%. Dalam kriteria warna 2 siswa mampu mendapatkan skor 4. Dari 5 kriteria penilaian mind map, hanya kriteria warna yang mendapatkan skor 4 atau sangat baik. Pada Mind map yang dibuat siswa tidak terdapat gambar yang menonjol yang berkaitan dengan ide yaitu himpunan. Hal tersebut ditunjukkan dari rata-rata hasil penilaian mind map pada kriteria gambar adalah 1 dan 2 dengan presentase masing-masing 45% dan 40%. Pada kriteria cabang, mind map siswa mendapatkan skor 1 atau 45%. Sebagian besar siswa baru pertama kali membuat mind map dan berpendapat bahwa metode mencatat mind map menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Mind map, Usaha dan Enegi, Deskripsi Kualitatif
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:29
Last Modified: 08 Sep 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum