COMPARISON OF STUDENTS’ PERFORMANCE ON VECTOR CONCEPTS BETWEEN PRINCE OF SONGKLA UNIVERSITY (PSU) AND STATE ISLAMIC UNIVERSITY (UIN) SUNAN KALIJAGA STUDENTS USING TEST OF UNDERSTANDING OF VECTORS (TUV)

Betavia Kusindrastuti, NIM. 15690031 (0019) COMPARISON OF STUDENTS’ PERFORMANCE ON VECTOR CONCEPTS BETWEEN PRINCE OF SONGKLA UNIVERSITY (PSU) AND STATE ISLAMIC UNIVERSITY (UIN) SUNAN KALIJAGA STUDENTS USING TEST OF UNDERSTANDING OF VECTORS (TUV). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (COMPARISON OF STUDENTS’ PERFORMANCE ON VECTOR CONCEPTS BETWEEN PRINCE OF SONGKLA UNIVERSITY (PSU) AND STATE ISLAMIC UNIVERSITY (UIN) SUNAN KALIJAGA STUDENTS USING TEST OF UNDERSTANDING OF VECTORS (TUV))
15690031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (COMPARISON OF STUDENTS’ PERFORMANCE ON VECTOR CONCEPTS BETWEEN PRINCE OF SONGKLA UNIVERSITY (PSU) AND STATE ISLAMIC UNIVERSITY (UIN) SUNAN KALIJAGA STUDENTS USING TEST OF UNDERSTANDING OF VECTORS (TUV))
15690031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk membandingkan evaluasi tes TUVantara mahasiswa PSU dan UIN Sunan Kalijaga, dan (2) membandingkan pemahaman konsep fisika antara mahasiswa PSU dan UIN Sunan Kalijaga. Instrumen penelitian menggunakan Test of Understanding of Vectors (TUV) yang merupakan instrumen penilaian yang reliabel dalam PhysicsEducation Research(PER). Soal TUV diterjemahkan dahulu dalam bahasa Thailand dan Indonesia, memeriksa persyaratan teknis, dan divalidasi oleh sekelompok dosen fisika Thailand dan tiga dosen fisika Indonesia.Sampel penelitian ini adalah 858 mahasiswa tahun pertama (60% mahasiswa laki-laki), Prince of Songkla University, Thailand dan 282 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dari semester III-VIII yang telah menyelesaikan fisika dasar I. Selain itu, wawancara lanjutan juga dilaksanakan pada sepuluh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Analisis penelitian ini menggunakan lima uji statistik yaitu, indeks kesulitan, indeks diskriminasi, dan koefisien poin biserial untuk menguji per soal TUV, sedangkan reliabilitas Kuder-Richardson dan uji delta Ferguson untuk menganalisis soal TUV secara keseluruhan, sementara untuk membandingkan pemahaman konsep vektor dianalisis dengan menggunakan independent t-test dan model estimasi dari model analisis teknik. Signifikansi hasil uji lima statistik menunjukkan kesebandingan dari kedua universitas (PSU dan UIN Sunan Kalijaga) yang ditunjukkan pada perolehan index kesulitan, indeks diskriminasi, koefisien poin biserial, meskipun pada beberapa soal TUV lebih sulit untuk mahasiswa PSU dibandingkan dengan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Berdasarkan analisis Kuder-Richardson-20 dan uji delta Ferguson, soal TUV merupakan soal yang reliabel.Responden menjawab dengan benar (±45%) pada konsep komponen vektor sebagai konsep yang paling paham. Sedangkan gagasan salah yang paling banyak pada konsep vector perkalian yang dilihat dari nilai eigen < 0.65. Secara keseluruhan, mahasiswa PSU dan UIN Sunan Kalijaga memiliki pengetahuan pada konsep vektor yang hampir sama dengan hasilnya kebanyakan berada pada model pemahaman campuran (mix model) dari model estimasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: vektor, Test of Understanding of Vectors, model analisis
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:29
Last Modified: 08 Sep 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum