RESEPSI HADIS-HADIS HIJRAH DI KALANGAN PELAJAR SMA N 1 YOGYAKARTA DAN MA SUNAN PANDANARAN

SAFRI NUR JANNAH, NIM 16550021 (2019) RESEPSI HADIS-HADIS HIJRAH DI KALANGAN PELAJAR SMA N 1 YOGYAKARTA DAN MA SUNAN PANDANARAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RESEPSI HADIS-HADIS HIJRAH DI KALANGAN PELAJAR SMA N 1 YOGYAKARTA DAN MA SUNAN PANDANARAN)
16550021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI HADIS-HADIS HIJRAH DI KALANGAN PELAJAR SMA N 1 YOGYAKARTA DAN MA SUNAN PANDANARAN)
16550021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada realitanya, tren hjrah yang memang tengah mendapatkan ruangnya di berbagai kalangan masyarakat, juga masuk dan hidup dengan begitu dinamis di kalangan pelajar. Tren hijrah masuk dan menjelma menjadi berbagai perilaku keagamaan bahkan hingga menjadi kegiatan keagamaan yang bernuansa hijrah. Mulai dari gerakan menutup aurat yang masif terjadi di sekolah-sekolah hingga kajian-kajian dengan tema hijrah yang tidak jarang diselenggarakan di sekolahsekolah. Menjadi hal yang menarik untuk melihat fenomena tren hijrah di kalangan pelajar sebab pelajar adalah agen of changes yang menjadi ujung tombak pembangunan negara di masa depan. Meneliti fenomena tersebut dengan kritisisme yang memadai diharapkan mampu menjadi salah satu bentuk kewaspadaan infiltrasi radikalisme di sekolah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan perspektif keilmuan hadis. Perspektif keilmuan hadis yang dimaksud adalah resepsi hadis. Tiga rumusan masalah yang berusaha dijawab melalui penelitian ini, pertama bagaimana para pelajar mendefinisikan hijrah dan konsep-konsepnya. Kedua, bagaimana pola resepsi pelajar atas hadis-hadis hijrah. Ketiga, hal-hal apa saja yang melatarbelakangi munculnya pola resepsi tersebut. Penelitian ini akan dilaksanakan di dua sekolah yang memiliki tipologi berbeda yaitu SMA N 1 Yogyakarta dan MA Sunan Pandanaran. Dengan meminjam teori Stuart Hall, data yang diperoleh melalui penyebaran lkuesioner dianalisis secara lebih lanjut. Hasil penelitian yang didapat bahwa para pelajar masing-masing sekolah berbeda dalam mendefinisikan dan mengutarakan konsep-konsep hijrah. Meski demikian, mayoritas pelajar mendefinisikan hijrah sebagi proses berpindah dari kebiasaan buruk menuju kebiasaan yang lebih baik. Adapun konsep yang hijrah menurut mayoritas pelajar adalah adanya niat yang tulus karena Allah SWT. Mengenai pola resepsi yang terbentuk, mayoritas pelajar meresepsi hadis-hadis hijrah secara kontekstual (negosiasi). Meski demikian, terdapat beberapa temuan di MA Sunan Pandanaran yang pada akhirnya mengantarkan hasil jawaban sebagian kecil dari pelajar sekolah tersebut pada posisi dominan hegemoni (menerima dengan penuh/ tekstualis) dan atau oposisi (berlawanan dengan redaksi matan hadis). Adapun hal-hal yang melatarbelakangi pola resepsi yang tercipta di dua sekolah tersebut memiliki kaitan erat dengan transmisi dan transformasi hadis-hadis yang didapatkan oleh pelajar pada masing-masing sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saifuddin Zuhri S. Th. I, M. A,
Uncontrolled Keywords: Hijrah, Pelajar, Resepsi Hadis.
Subjects: Ilmu Hadits
Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Sep 2020 10:29
Last Modified: 08 Sep 2020 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum