ANALISIS SARANA PRASARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM FISIKA SMA/MA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Sintia Nur ‘Aini, NIM.: 15690054 (2019) ANALISIS SARANA PRASARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM FISIKA SMA/MA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SARANA PRASARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM FISIKA SMA/MA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG)
15690054_BAB-I_IV-atau-V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SARANA PRASARANA DAN INTENSITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM FISIKA SMA/MA NEGERI DI KABUPATEN TEMANGGUNG)
15690054_BAB-II_sampai_SEBELUM -BAB -TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kelengkapan dan kondisi sarana prasarana laboratorium fisika SMA/MA Negeri di Kabupaten Temanggung berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dan menginventaris sarana laboratorium fisika, (2) mendeskripsikan dan menganalisis intensitas penggunaan laboratorium dalam kegiatan praktikum fisika untuk mendukung proses pembelajaran fisika SMA/MA Negeri di Kabupaten Temanggung, (3) memperoleh informasi mengenai kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasi sarana prasarana laboratorium fisika, lembar wawancara guru, lembar wawancara laboran dan lembar angket respon siswa terhadap kegiatan praktikum. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian ini adalah SMA N 1 Temanggung, SMA N 2 Temanggung, SMA N 3 Temanggung, SMA N 1 Pringsurat, SMA N 1 Candiroto dan MAN Temanggung. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) kelengkapan dan kondisi sarana laboratorium fisika SMA/MA Negeri di Kabupaten Temanggung termasuk dalam kategori lengkap dan baik. Persentase dari kelengkapan dan kondisi sarana laboratorium fisika adalah 75,38 % dan 79,42 %. Persentase kelengkapan dan kondisi prasarana laboratorium fisika adalah 72,22 % dan 72,72 %. 2) Intensitas kegiatan praktikum fisika termasuk dalam kategori baik. 3) Guru fisika SMA N 1 Temanggung, SMA N 1 Pringsurat dan MAN Temanggung menyatakan bahwa kendala dalam melaksanakan kegiatan praktikum adalah keterbatasan waktu jam pelajaran mata pelajaran fisika. MAN Temanggung mengalami kendala pada persiapan kegiatan praktikum karena tidak memiliki laboran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Widayanti,M.Si dan Ibu Ika Kartika,M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Fisika; intensitas kegiatan praktikum fisika
Subjects: 500 Sains Murni > 530 Fisika > 530.7 Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 16:40
Last Modified: 05 Sep 2024 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum