ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI KASUS DI SMK-SMTI YOGYAKARTA)

Istiqomah, NIM. 14670035 (0019) ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI KASUS DI SMK-SMTI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI KASUS DI SMK-SMTI YOGYAKARTA))
14670035_BAB I_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KRITIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI KASUS DI SMK-SMTI YOGYAKARTA))
14670035_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah kejuruan dituntut meningkatkan kualitas pendidikan serta mengembangkan konsep pembelajaran yang memberikan hasil signifikan terhadap peningkatan keahlian dan kompetensi peserta didik. Untuk itu diperlukan perbaikan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan implementasi pembelajaran sistem blok. Pembelajaran sistem blok adalah pembelajaran yang menggabungkan jam belajar dalam satuan waktu yang terangkum. Salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran sistem blok adalah SMK SMTI Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) implementasi pembelajaran sistem blok di SMK SMTI Yogyakarta ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, (2) efektivitas pembelajaran sistem blok dalam meningkatkan capaian pembelajaran kimia di SMK SMTI Yogyakarta, (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sistem blok di SMK SMTI Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, di kelas X SMK SMTI Yogyakarta program keahlian Kimia Analisis pada mata pelajaran Kimia Dasar dan Kimia Analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sistem blok yaitu wawancara, observasi dan analisis dokumen; untuk menganalisis efektivitas pembelajaran sistem blok digunakan metode wawancara dan analisis dokumen; sedangkan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi kendala pembelajaran digunakan metode wawancara dan observasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini dikaji berdasarkan tingkat ketuntasan belajar peserta didik terhadap nilai KKM, dikatakan efektif apabila terdapat minimal 85% peserta didik mencapai daya serap ≥ KKM. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) implementasi pembelajaran sistem blok di SMK SMTI Yoyakarta sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal. Ditinjau dari aspek perencanaan, perangkat administrasi pembelajaran sistem blok belumlah lengkap. Pelaksanaan pembelajaran sistem blok juga belum berjalan optimal, terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, pendidik lebih fokus mengejar materi sehingga berdampak pada performa pendidik dalam mengelola dan mengeksplor kegiatan belajar. Evaluasi pembelajaran telah dilakukan secara berkala untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik. Agar layak dikatakan tuntas belajar, peserta didik harus memenuhi kriteria nilai ketuntasan yang telah ditetapkan. Jika tidak, maka peserta didik harus mengikuti remedial tes. (2) Efektivitas pembelajaran melalui sistem blok pada mata pelajaran Kimia Dasar, baik sistem blok praktik maupun blok teori dapat dikatakan belum sepenuhnya efektif karena tingkat ketuntasan belajar peserta didik belum memenuhi kriteria minimal 85% peserta didik mencapai daya serap ≥ KKM. Sementara pada pelajaran Kimia Analisis, sistem blok praktik terlihat cukup efektif dalam meningkatkan kecakapan keterampilan praktik peserta didik, akan tetapi pada blok teori Kimia Analisis belum sepenuhnya efektif karena tingkat ketuntasan belajar peserta didik yang mencapai KKM masih kurang dari 85%. (3) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran kimia melalui sistem blok di SMK SMTI Yogyakarta yaitu terkait dengan manajemen dan proses pembelajaran yang kurang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, S.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kimia, sistem blok, SMK SMTI Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:37
Last Modified: 10 Sep 2020 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum