PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE BERMUATAN CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA

Muhammad Said Alfaqih, NIM. 15670003 (0019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE BERMUATAN CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE BERMUATAN CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA)
15670003_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU QUICK RESPONSE CODE BERMUATAN CONTEXTUAL LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA)
15670003_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Materi ikatan kimia merupakan salah satu materi yang sulit bagi peserta didik karena bersifat abstrak. Hal ini dapat dikurangi dengan pembelajaran yang bermuatan contextual learning. Pembelajaran bermuatan contextual learning membuat pembelajaran bermakna dalam konteks tindakan dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi memungkinkan media mudah diakses dan menarik untuk peserta didik. Salah satunya adalah media berbasis Quick Response Code. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran kartu Quick Response Code bermuatan Contextual Learning pada materi ikatan kimia. Pengembangan media pembelajaran kartu Quick Response Code bermuatan Contextual Learning ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (Four D). Model ini menggunakan empat tahapan pengembangan yairu meliputi define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap ini hanya dibatasi sampai tahap develop (pengembangan) karena tahap dissemination (penyebarluasan) dibutuhkan waktu lebih sehingga pada tahap ini dapat dilakukan sebagai penelitian lanjutan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian skala empat untuk mengetahui kualitas produk dan lembar respon skala dua untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan kualitas produk. Pengembangan media pembelajaran Quick Response Code bermuatan Contextual Learning pada materi ikatan kimia berbentuk kartu dengan ukuran 9 × 5,7 cm yang di scan menggunakan smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keidealan penilaian kualitas media pembelajaran quick response code bermuatan contextual learning dari ahli materi 91% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media 92% dengan kategori Sangat Baik (SB), reviewer (guru kimia) 83,75% dengan kategori xix Sangat Baik (SB). Media pembelajaran quick response code bemuatan contextual learning pada materi ikatan kimia ini juga direspon positif dengan persentase sebesar 95%. Hal ini ini menunjukkan bahwa media ini dapat digunakan untuk pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamhari, S.Pd. Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Quick Response Code, Contextual Learning, Ikatan Kimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:37
Last Modified: 10 Sep 2020 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum