PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA

Al Lu’lu Ul Maknun, NIM. 15670017 (0019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA)
15670017_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK PENGENALAN ALAT LABORATORIUM KIMIA SMA/MA)
15670017_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Alat laboratorium kimia SMA/MA merupakan salah satu materi yang harus dipahami oleh siswa saat kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum memerlukan peralatan khusus yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk terhindar dari kesalahan dalam penggunaan alat, siswa dituntut mempunyai pengetahuan mengenai alat laboratorium yang meliputi nama dan fungsinya. Mengatasi kesalahan dalam kegiatan praktikum diperlukannya sumber belajar untuk mengenalkan alat laboratorium kimia. Sumber belajar menggunakan media permainan masih jarang ditemui dalam proses pembelajaran. Media permainan seperti ular tangga dapat dijadikan salah satu sumber belajar yang asik dan menyenangkan. Media permainan ular tangga juga dapat dikreasikan dengan kartu-kartu menarik seperti kartu pertanyaan, kartu dadakan dan kartu informasi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran ular tangga untuk pengenalan alat laboratorium kimia SMA/MA. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap Develop. Produk dikembangan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan masukan oleh peer reviewer, validasi oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi, dan dinilai pada lima guru kimia SMA/MA dan sepuluh siswa kelas X SMA Muhammadiyah dan MAN 3 Bantul dengan menggunakan instrumen penilaian yang sudah dikembangkan memuat aspek ketertarikan dengan bahan ajar, aspek penyesuaian tampilan, aspek ketertarikan dengan materi, aspek kemampuan media, aspek penyesuaian tampilan dan aspek efisiensi. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Media pembelajaran ular tangga untuk pengenalan alat laboratorium kimia yang dikembangkan memiliki karakteristik berupa permainan ular tangga untuk pengenalan alat-alat laboratorium kimia bagi anak SMA/MA kelas X MIA. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi yang dikembangkan mendapat kategori sangat baik dengan presentase keidealan 98,6%, sedangkan penilaian validasi ahli media mendapat kategori sangat baik dengan presentase keidealan 87,5%. Serta berdasarkan respon guru kimia mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 87,23% dan siswa SMA/MA kelas X MIA mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 87,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamhari, S.Pd,Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Alat Laboratorium, Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:37
Last Modified: 10 Sep 2020 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38371

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum