PENGEMBANGAN MAGEROYD (MAGNETIC PAPER MOLYMOD) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

Achmad Maulana, NIM. 15670029 (2019) PENGEMBANGAN MAGEROYD (MAGNETIC PAPER MOLYMOD) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MAGEROYD (MAGNETIC PAPER MOLYMOD) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON)
15670029_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MAGEROYD (MAGNETIC PAPER MOLYMOD) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON)
15670029_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Hidrokarbon merupakan materi kimia yang karakteristiknya abstrak, karena terdapat konsep-konsep mikroskopis tidak dapat diamati secara langsung. Keabstrakan pokok bahasannya, salah satunya bentuk struktur senyawa hidrokarbon yang kurang dipahami. Salah satu media yang biasa digunakan untuk memeragakan bentuk molekul senyawa hidrokarbon adalah molymod. Namun, harga molymod yang mahal sehingga tersedia dengan jumlah yang sangat sedikit bahkan terkadang tidak tersedia di beberapa sekolah. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran sebagai alternatif molymod, yang dalam penelitian ini dikembangkan produk berupa Mageroyd. Mageroyd (Magnetic Paper Molymod) adalah molymod yang dikembangkan menggunakan bahan baku kertas dengan dilengkapi magnet sebagai penghubung ikatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Mageroyd sebagai alternatif molymod dan menguji kelayakannya sebagai media pembelajaran pada materi pokok hidrokarbon. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Mageroyd dibuat dengan melalui beberapa proses pembuatan, yaitu proses peleburan, proses pembentukan, dan proses pemasangan komponen. Produk pengembangan ini ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi serta ditinjau 3 orang peer review. Produk kemudian dinilai oleh 4 orang reviewer (guru kimia SMA/MA) dan direspon oleh 12 siswa kelas xi ipa Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Mageroyd sebagai media pembelajaran kimia hidrokarbon adalah Sangat Baik (SB), dengan persentase keidealan dari ahli media, ahli materi dan reviewer berturut turut sebesar 96,25%, 88%, dan 94,6% . Adapun respon siswa menunjukkan persentase keidealan 97,92%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa Mageroyd layak digunakan sebagai media dalam mempelajari kimia hidrokarbon untuk siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Mageroyd, Molymod, Hidrokarbon.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:39
Last Modified: 05 Oct 2022 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum