Ahmad Riva’i, NIM. 15670035 (0019) ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL PADA PROSES PEMBUATAN BAHAN PEMUTIH DARI GARAM.

Siti Daniar Sobriawati, NIM: 15670042 (0019) Ahmad Riva’i, NIM. 15670035 (0019) ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL PADA PROSES PEMBUATAN BAHAN PEMUTIH DARI GARAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ahmad Riva’i, NIM. 15670035 (0019) ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL PADA PROSES PEMBUATAN BAHAN PEMUTIH DARI GARAM.)
15670042_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Ahmad Riva’i, NIM. 15670035 (0019) ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL PADA PROSES PEMBUATAN BAHAN PEMUTIH DARI GARAM.)
15670042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Materi keselamatan kerja, jenis-jenis peralatan laboratorium kimia, serta teknik dasar penggunaan alat laboratorium kimia merupakan salah satu materi yang tidak diajarkan guru di kelas secara menyeluruh karena adanya keterbatasan waktu. Salah satu cara meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang keterampilan di laboratorium adalah dengan menggunakan ensiklopedia sebagai sumber belajar mandiri. Meninjau hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia teknik dasar laboratorium kimia, menganalisis kualitas ensiklopedia berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru kimia SMA/MA, dan mengetahui respon peserta didik terhadap ensiklopedia. Pengembangan ensiklopedia mengadaptasi model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Produk dikonsultasikan kepada dosen pembimbing untuk mendapatkan saran dan masukan. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan empat guru kimia SMA/MA dengan metode expert judgement (produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya) menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert. Produk juga direspon oleh sepuluh peserta didik dengan instrumen lembar angket skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan ensiklopedia teknik dasar laboratorium kimia sebagai sumber belajar mandiri memperoleh persentase keidealan kualitas dari ahli materi 94,28% dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB), ahli media 91% dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB), dan reviewer (guru kimia SMA/MA) 85,3% dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB). Hasil respon peserta didik menunjukkan persentase keidealan ensiklopedia sebesar 99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Ensiklopedia, Teknik Dasar Laboratorium Kimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:39
Last Modified: 10 Sep 2020 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum