EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Is Mardhiyati, NIM. 15600022 (0019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
15600022_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
15600022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran inquiry dengan metode TAI dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran inquiry dengan metode TAI dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Sewon Tahun Ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest kemampuan berpikir kritis siswa, prescale-postscale motivasi belajar siswa, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dengan metode TAI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis namun tidak lebih efektif terhadap motivasi belajar siswa. Hal itu dikarenakan faktor sosial, di mana siswa mengisi lembar skala sikap xviii bukan berdasarkan dari diri mereka sendiri namun dipengaruhi oleh teman sebaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Utami Zuliana, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Inquiry, Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:41
Last Modified: 10 Sep 2020 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38389

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum