EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Maulida Lu’luur Rohmah, NIM. 15600044 (0019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
15600044_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
15600044_BAB II_S.D_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan lain dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran ATI dengan metode role playing dan variabel terikat pada penelitian adalah pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII H dan VIII J. Intrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale motivasi belajar matematika siswa, dan RPP. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik uji-t untuk pemahaman konsep dan uji non-parametrik Mann Whitney untuk Motivasi belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan melalui software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran ATI dengan metode role playing lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aptitude Treatment Interaction (ATI), Role Playing, Pemahaman Konsep, Motvasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Sep 2020 13:41
Last Modified: 10 Sep 2020 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum