EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SKRIPSI

Devi Eka Nurviana, NIM. 15600049 (0019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SKRIPSI)
15600049_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SKRIPSI)
15600049_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Pemahaman konsep pada topik tertentu dipengaruhi oleh pemahaman konsep pada topik sebelumnya. Selain itu, keaktifan siswa juga merupakan unsur yang penting dalam pembelajaran. Djoko Santoso dkk menjelaskan bahwa pembelajaran yang berkualitas adalah terlibatnya siswa secara aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Peer Teaching dengan Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran peer teaching dengan snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran peer teaching dengan snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran peer teaching dengan snowball throwing serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N I Banguntapan tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya menggunakan expert sampling. Kelas XI MIPA 3 dijadikan sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, dan kelas XI MIPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment menggunakan model pembelajaran peer teaching dengan snowball throwing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest pemahaman konsep, prescale-postscale keaktifan, RPP dan modul siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik yaitu uji t. Apabila datanya tidak berdistibusi normal maka menggunakan mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran peer teaching dengan snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan model pembelajaran peer teaching dengan snowball throwing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Peer Teaching, Snowball throwing, Pemahaman Konsep,
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2020 13:38
Last Modified: 14 Sep 2020 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum