PENERAPAN LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI WASTE PADA PRODUKSI GIBOULT JOINT 110 (Studi Kasus PT. Aneka Adhilogam Karya)

Soni Adi Prasetyo, NIM. 15660033 (2019) PENERAPAN LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI WASTE PADA PRODUKSI GIBOULT JOINT 110 (Studi Kasus PT. Aneka Adhilogam Karya). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI WASTE PADA PRODUKSI GIBOULT JOINT 110 (Studi Kasus PT. Aneka Adhilogam Karya))
15660033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN LEAN MANUFACTURING GUNA MENGURANGI WASTE PADA PRODUKSI GIBOULT JOINT 110 (Studi Kasus PT. Aneka Adhilogam Karya))
15660033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Untuk unggul dalam bersaing, setiap perusahaan dituntut untuk mampu menunjukan keunggulan dan kompetitifnya masing-masing melalui upaya yang kreatif, inovatif bekerja secara efektif dan efisien. Sebagai pelaku industri, PT. Aneka Adhilogam Karya (AAK) perlu memperhatikan hal-hal yang terkait dengan aktivitas produksinya. Pada PT. AAK terdapat beberapa permasalahan mengenai pemborosan (waste) yang ditunjukan adanya jalur produksi yang tidak teratur dan jarak transportasi sejauh 163 m. selain itu juga terapat lead time yang panjang pada proses produksi. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk meminimasi waste dengan pendekatan lean manufacturing beserta pengukuran produktivitas menggunakan OMAX (Objective Matric) yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan guna meningkatkna produktivitas perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Value Stream Mapping yang telah dilakukann didapatkan total lead time sebesar 41439,34 s dengan prosentase aktivitas Value Added (VA) sebesar 11 %, Necessary-Non Value Added (NNVA) sebesar 36 %, dan Non Value Added (NVA) sebesar 53%. Selain itu berdasarkan analisis OMAX dapat diketahui indeks produktivitas terhadap periode sebelumnya yakni dari minggu ke-1 sampai minggu ke-2 terjadi kenaikan sebesar 7,7% dan dari minggu ke-2 sampai minggu ke-3 terjadi penurunan menjadi -5,6% kemudian pada minggu ke-4 kembali naik menjadi 5,9%. Adapun usulan perbaikan yang disarankan adalah dengan membuat perencanaan layout pada area finishing serta penerapan budaya 5R. Selain itu juga perusahaan dapat menambahkan operator pada stasiun pembubutan agar dapat mengurangi penyimpanan WIP dan lead time yang panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, AHP, Objective Matric, Fishbone Diagram.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2020 13:40
Last Modified: 14 Sep 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum