ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK TOKO RETAIL MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (Studi Kasus Minimarket Kopma UIN Sunan Kalijaga)

A. M. Adhitya A. Walenna, NIM. 15660047 (2019) ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK TOKO RETAIL MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (Studi Kasus Minimarket Kopma UIN Sunan Kalijaga). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK TOKO RETAIL MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (Studi Kasus Minimarket Kopma UIN Sunan Kalijaga))
15660047_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK TOKO RETAIL MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS DAN ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (Studi Kasus Minimarket Kopma UIN Sunan Kalijaga))
15660047_BAB II_S D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kopma UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu toko retail di lingkungan UIN Sunan Kalijaga dimana dalam satu hari bisa melakukan ratusan transaksi. Namun data transaksi ini tidak diolah menjadi pengetahuan yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Salah satu pengetahuan yang dapat diperoleh dari data-data tersebut adalah pola pembelian pelanggan yang nantinya digunakan untuk menyusun ulang tata letak produk. Kebijakan tata letak yang saat ini diterapkan oleh perusahaan hanya berdasar pada jenis produk sehingga belum mempertimbangkan pola pembelian. Dengan menerapkan tata letak yang berbasis pada pola pembelian pelanggan maka diharapkan akan timbul impulse buying. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan menggunakan metode MBA untuk mengetahui pola pembelian yang kemudian dilanjutkan pada pembuatan ARC untuk menyusun tata letak alternatif. Dari hasil pengolahan data MBA dan ARC, tiga layout diusulkan sebagai alternatif perbaikan. Ketiga layout dinilai oleh stakeholder dan pakar untuk dipilih yang terbaik. Layout dengan nilai tertinggi dijadikan rekomendasi layout yaitu layout 3. Pada layout terpilih dapat dilihat bahwa beberapa produk harus diubah dari posisi sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T., D.Eng.
Uncontrolled Keywords: data mining; Market Basket Analysis; Activity Relationship Chart
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2020 13:40
Last Modified: 14 Sep 2020 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum